Indonesia Punya Fast Charging Mobil Listrik, Buatan Lokal

Stasiun pengisian listrik cepat buatan BPPT
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi merancang tempat pengisian baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia. Meski statusnya buatan lokal, namun komponen yang digunakan masih diimpor dari Spanyol.

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM), Eniya Listiani Dewi mengatakan, proyek itu dilaksanakan untuk mendukung program percepatan mobil listrik nasional. Kata dia, tahun ini BPPT menyiapkan dua stasiun pengisian yang modelnya berbeda-beda.

"Fast charging station (stasiun pengisian cepat) 50 kilo Watt di BPPT Jakarta, dan smart charging station (stasiun pengisian pintar) 20 kW di B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan," ujarnya di Jakarta Pusat, Rabu 5 Desember 2018.

Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Dengan mengandalkan daya 50 kW, maka durasi pengisiannya hanya 30 menit. Diklaim jadi yang tercepat, dibandingkan milik Pertamina atau PLN yang ada saat ini.

Untuk membuktikan cepatnya pengisian daya baterai dari stasiun pengisian itu tersebut, ada beberapa kendaraan listrik yang diuji coba. Yakni Mitsubishi Outlander Phev dan i-MiEV, bus listrik MAB (Mobil Anak Bangsa), Tesla Model X, dan sepeda listrik.

Belum 2 Minggu Mobil Ini Sudah Laku 100 Ribu Unit

"Charging station ini bisa dikembangkan lagi. Misalnya, untuk kendaraan yang memerlukan waktu 30 menit pengisian, berarti ditempatkan di mal atau tempat ibadah. Bisa dikembangkan model bisnisnya," tuturnya. (yns)

Kia Carens

Kia Bakal Luncurkan Banyak Mobil Listrik Baru, Salah Satunya Carens

Pabrikan asal Korea Selatan, Kia berencana untuk memperkenalkan berbagai model kendaraan listrik di pasar India, salah satunya Carens EV.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024