Bus Canggih Euro IV Mercy Siap Masuk Indonesia, Kapan?

Bus terbaru Mercy bermesin di depan.
Sumber :
  • VIVA/Pius

VIVA – PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia atau DCVI meluncurkan dua produk baru, yakni Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836. Keduanya dibekali mesin diesel turbo dengan standar emisi Euro III.

14 Killed Over a Bus Crashes Into Wall in Northern China

Jantung penggerak Mercedes-Benz OF 1623 RF berasal dari mesin diesel OM 906 LA dengan enam silinder berkapasitas 6.374cc. Sementara O500RS 1836 didukung mesin diesel OM 457 LA (Euro 3) enam silinder segaris berkapasitas 11.967cc.

Padahal, pemerintah tengah mencanangkan penggunaan standar emisi Euro IV untuk kendaraan baru bermesin diesel termasuk di dalamnya bus dan truk. Standar emisi baru tersebut rencananya akan dimulai pada 2021.

Kemenhub Imbau Bus Tak Lagi Pasang Klakson Telolet, Pelanggar akan Kena Sanksi Denda Rp500 Ribu

Marketing Director Bus and Truck Europe DCVI, Jung Woo Park mengatakan, pihaknya mengapresiasi keputusan pemerintah untuk memberlakukan standar emisi Euro IV.

"Saya sangat mengapresiasi keputusan Indonesia untuk memberlakukan Euro4 tahun 2021 mendatang. Kita sedang melakukan persiapan untuk memenuhi standar tersebut," kata Park di BSD, Tangerang Selatan, Kamis 5 Desember 2018.

Dishub Depok Akan Datangi PO Bus Lakukan Ramp Check Armada Mudik

Meski tak menyebut dengan detail, dia mengatakan, mendukung standar emisi baru tersebut dengan menyiapkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Kami sudah siap jika nanti aturan tersebut akan diberlakukan. Kami sangat mendukung kebijakan tersebut untuk mengurangi tingkat emisi dari hasil pembakaran kendaraan," ucapnya. (ali)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menyiapkan 150 bus cadangan, pada momen mudik Lebaran Idul Fitri 2024 ini. Bus itu disiapkan untuk mengantisipasi adanya keterlambatan bus.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024