SUV Malaysia Resmi Meluncur, Harga Miring Fitur Berlimpah

SUV pertama Proton.
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Setelah lama dinanti publik, Proton akhirnya secara resmi meluncurkan SUV pertama mereka X70. Mobil yang didasarkan pada model Geely Boyue itu kini sudah mulai dijual di Malaysia.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Debut perdana dilakukan langsung Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad yang didampingi sejumlah menteri.

Seperti dikutip Bernama, Kamis 13 Desember 2018, X70 lahir dari rahim mobil China, setelah saham mobil asal Malaysia itu dibeli oleh DRB Hicom Berhad dan Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd. Proton X70 diimpor secara Completely Built Up (CBU) dari China dan akan dirakit di Malaysia mulai 2019.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Dalam sambutannya Mahathir berharap kolaborasi Proton-Geely akan menghasilkan mobil Malaysia yang sesungguhnya di masa depan. "Tentu saja mobil ini tidak dirancang dan dibangun oleh Proton sepenuhnya tetapi agar cepat (berjalan), Anda harus berhemat," katanya.

Jika melihat profil, X70 merupakan sebuah SUV segmen C dengan dimensi lebih besar ketimbang Honda HR-V, Toyota C-HR dan Mazda CX-3. Panjangnya sekira 4.510mm, tinggi 1.694 mm, dengan lebar 1.831 mm.

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Bicara desain, sama persis dengan Geely Boyue. Hanya emblem Proton yang terlihat membedakannya. Proton X70 dibekali mesin bensin 1.8 liter turbocharged, direct-injected, empat silinder. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 181 HP pada 5.500 rpm dan torsi puncak 285 Nm pada 1.700 hingga 4.400 rpm. 

Tenaga melimpah ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi otomatis enam-percepatan yang dikembangkan oleh Drivetrain System International (DSI), anak perusahaan Geely. Menariknya meski dijual dengan harga tergolong murah, namun mobil ini sudah banjir fitur mahal. Karuan saja mobil ini tercatat sudah dipesan sekira 10 ribu unit hingga akhir Oktober 2018.

Soal harga mobil ini dijual dengan banderol mulai Rp348 juta hingga termahal Rp431,7 juta. Jika melihat harga, mobil ini akan bersaing dengan Honda HR-V meski fitur yang dibekali tak kalah canggih dengan Honda CR-V. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya