Mitsubishi Belum Dapat Izin Impor Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport baru.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Kesuksesan Xpander ternyata membuat Mitsubishi Indonesia kebingungan. Selain diserbu konsumen perorangan, mobil keluarga kasta terendah itu juga diminati oleh beberapa perusahaan untuk dijadikan kendaraan operasional.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Tak hanya itu, permintaan Xpander di pasar luar negeri juga meningkat. Sementara, hingga saat ini mobil pesaing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia itu hanya diproduksi di pabrik Mitsubishi yang ada di Cikarang, Jawa Barat.

Sementara, pabrik milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia itu juga digunakan untuk merakit sport utility vehicle Pajero Sport dan L300. Kapasitas produksi Xpander di pabrik tersebut saat ini 115 ribu unit per tahun.

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko mengatakan, peningkatan produksi Xpander perlu dilakukan, karena permintaan di Indonesia terus meningkat. Begitu juga di negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara.

Peluncuran Mitsubishi Xpander

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Untuk bisa melakukan itu, Mitsubishi berencana menggunakan jalur produksi Pajero Sport untuk merakit Xpander. Alhasil, untuk sementara stok mobil SUV gagah itu akan didatangkan dari Thailand.

"Kami berkonsultasi dengan pemerintah, melakukan impor sementara untuk Pajero Sport dan mempergunakan lini produksinya untuk bikin Xpander," ujar Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Intan Vidiasari beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto, mengakui bahwa MMKSI mengajukan permintaan itu. 

“Merek datang ke Kemenperin, bilang permintaan ekspor Xpander tinggi. Enggak hanya kebutuhan lokal, tapi juga ekspor. Tapi saya bilang, pakai saja fasilitas yang ada dulu,” ungkap Harjanto. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya