Terjang Hujan Deras dan Lahap Tanjakan, Berapa Konsumsi BBM Xpander?

Xpander Ultimate AT
Sumber :
  • VIVA/Toto Pribadi

VIVA – Mitsubishi Xpander telah sukses menjadi idola baru di kelas low MPV mengungguli beberapa pesaingnya. Selain tampillannya gagah nan mewah, mobil ini juga sukses mencuri perhatian karena terbilang sangat irit untuk konsumsi bahan bakarnya.

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

Nah kali ini VIVA akan mencoba mengukur konsumsi bahan bakar mobil keluarga andalan Mitsubishi ini dengan menempuh rute Jakarta ke Dalam test drive yang dilakukan VIVA dengan rute Jakarta menuju Gunung Pinang, Kramatwatu, Serang, Banten.

Rute dari Jakarta menuju Gunung Pinang sendiri sejauh hampir 92 km dengan struktur jalan mulai dari aspal mulus hingga jalanan rusak untuk menuju ke puncak, mulai dari kondisi terang hingga hujan lebat dengan genangan air serta pemandangan sawah hingga hutan.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Mengawali perjalanan dari Jakarta, VIVA yang menggunakan Xpander Ultimate A/T disuguhkan dengan jalanan tol yang agak lengang di jalur Jakarta-Merak. Dengan pilihan mengemudi eco-driving, mobil dengan kapasitas tangki bensin 45 liter ini dipacu dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam. Maklum jalanan sangat lengang.

Namun hujan deras menyambut Xpander saat memasuki gerbang Tol Cikupa. Tak heran jika sepanjang perjalanan, Xpander Ultimate harus menghantam genangan air yang terbilang dalan. Kecepatan saat itu 80 km/jam hingga 100 km/jam.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Untuk menuju kawasan Gunung Pinang, keluar Serang Barat dan langsung disuguhkan dengan lalu lintas padat di depan Taman Kopasus.  Dari keluar tol Serang Barat menuju gerbang Gunung Pinang dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Tentu akan lebih cepat jika tidak macet.

Dari pintu gerbang Gunung Pancang menuju puncaknya, kondisi jalanan rusak parah dan berkerikil. Hal itu diperparah dengan guyuran hujan yang membuat kondisinya sangat licin. Tak heran jika terkadang terdengar ban selip saat menginjak pedal gas.

Beruntung, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih termasuk hill start assist (HSC) yang sangat membantu mencegah mobil mundur saat berhenti di tengah tanjakan. Dengan kecepatan 30 hingga 50 km/jam, Xpander akhirnya mencapai Puncak Pinang yang menyuguhkan pemandangan alam nan indah.

Lalu berapa konsumsi bahan bakar Xpander Ultimate A/T dengan kondisi jalanan yang beragam itu? Dari angka yang ditampilkan di layar Multi Information Display (MID), tingkat konsumsi bahan bakarnya 11,9 km per jam.

Kesimpulannya, dengan kondisi yang terbilang beragam terutama genangan air di tol dan tanjakan menuju Puncak Pinang, mobil paling fenomenal Mitsubishi ini terbilang irit tak  jauh berbeda dengan para kompetitornya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya