- VIVA/Jeffry Yanto
VIVA – Sebelum resmi diluncurkan, foto-foto Avanza dan Veloz baru sudah tersebar di jagat maya. Tidak sedikit warganet yang menilai, desain wajah mobil keluarga Toyota itu mirip Mitsubishi Xpander.
Menanggapi hal tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsennya angkat bicara. Menurut Direktur Marketing TAM, Anton Jimmy, memang banyak pendapat soal desain Avanza baru.
"Banyak pendapat desainnya seperti Xpander atau model lain. Penjelasannya, kami ingin meneruskan DNA Avanza, dan memberikan wajah lebih unik," ujarnya di Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.
Sambung Anton, sebenarnya inspirasi desain wajah Avanza bukan dari kompetitor, tapi dari model Toyota sendiri. Menurutnya, desain lampu depan terbelah dua, terinsipirasi dari Vellfire atau Voxy yang penerangan utamanya sudah LED.
"Karena, kami ingin mempertahankan ciri khas desain Toyota. Jadi, kami melihat tren yang diinginkan masyarakat Indonesia seperti itu," tuturnya.
Executive Chief Engineer New Avanza and New Veloz Toyota Motors, Kazutoshi Sakamoto mengatakan, desain kedua mobil keluarga tersebut memakan waktu lama saat survei. Tujuannya, untuk memastikan sesuai selera konsumen.
"Kami fokus banyak hal, karena Avanza dan Veloz hanya untuk pasar Indonesia. Jadi, kami mengembangkan produk sesuai di lapangan, dan stabilitas berkendara juga lebih baik," katanya. (ann)