Jual Xenia Baru di Tahun Politik, Daihatsu Pasang Target Tinggi

Daihatsu Grand New Xenia 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Purna Karyanto

VIVA – Nama Xenia sejak 2004 dikenal masyarakat Indonesia, sebagai mobil keluarga kelas bawah untuk menemani beragam aktivitas. Dalam kurun waktu 15 tahun, ternyata sudah 643 ribu unit Xenia beredar di Tanah Air.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Kini, PT Astra Daihatsu Motor sebagai agen resmi pemegang merek, menawarkan model baru mobil penumpang tujuh tempat duduk tersebut. Peluncuran dilakukan pada Selasa 15 Januari 2019.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, jika pada 2018 Xenia dijual sebanyak 2.500-an unit setiap bulan, maka tahun ini akan ditingkatkan 20 persen.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

"Untuk Xenia, kami menargetkan tiga ribu unit di pasar domestik. Angka ini sedikit lebih tinggi daripada pencapaian yang kami jual rata-rata di 2018, yakni sekitar 2.500 unit. Peningkatannya 500 unit, atau sekitar 20 persen dari tahun lalu," ujarnya di Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Test Drive All New Xenia Dual Airbag

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Jika dijumlahkan, sepanjang tahun lalu Daihatsu mencatat pengiriman dari pabrik ke diler-diler resmi sebanyak 29.521 unit. Sementara, penjualan dari diler resmi ke konsumen mencapai 30.418 unit dalam kurun waktu satu tahun.

Penetapan target penjualan baru untuk Daihatsu Xenia, kata Amel, sudah diperhitungkan dengan baik. Termasuk, mempertimbangkan kondisi tahun politik dan Pemilihan Umum yang dilaksanakan tahun ini.

"Gaikindo memperkirakan pasar mobil tahun ini akan stagnan, dan kami sebagai anggota mengikuti yang Gaikindo gariskan atau sudah dihitung. Jadi dalam perhitungan target tiga ribu unit per bulan tadi, sudah memperkirakan kondisi tahun politik, dan kenaikannya sudah mempertimbangkan semua faktor yang diberikan oleh Induk organisasi kami,” tuturnya. (re2)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya