Plus-Minus Avanza Baru di Mata Komunitas Xpander

Interior Avanza
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Persaingan mobil keluarga kelas Low Multi Purpose Vehicle semakin sengit. Setelah banyak pesaing baru, akhirnya PT Toyota Astra Motor resmi meluncurkan Avanza dan Veloz barunya di Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Wajah depannya mirip Voxy dan penerangan utamanya LED. Sistem hiburan berubah dan pengaturan pendingin kabin sudah digital. Jantung pacunya masih sama, dengan pilihan mesin 1.300cc dan 1.500cc, yang digunakan untuk memutar roda belakang.

Produsen mobil Toyota di Tanah Air itu juga mengundang komunitas merek lain saat peluncuran. Salah satunya Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC).

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

Menurut salah satu anggota X-MOC, Wiliam Harjanto, desain Avanza dan Veloz baru lebih bagus dari sebelumnya, mengikuti Voxy. Meski begitu, luas bangku belakang masih unggul Xpander.

Interior Mitsubishi Xpander

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

“Saya lihat, sistem hiburannya lebih mumpuni dari yang lama, dan itu sudah mirroring. AC juga sudah digital. Xpander tipe Sport belum mirroring, baru yang Ultimate, dan pengaturan AC masih sistem putar,” ujarnya di Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Sementara menurut Ketua Umum X-MOC Jawa Barat, Rudy Panggabean, ada beberapa fitur keamanan yang tidak dimiliki Veloz baru.

“Di Xpander ada vehicle stability control, di Veloz belum ada. Awalnya mau beli buat anak, nyatanya saya lihat mirip kayak kemarin, jauh di bawah ekspektasi. Sebelumnya, saya pakai Avanza sudah 11 tahun,” tuturnya.

Alasan berpaling dari Avanza model lama ke Xpander, menurut Rudy karena tidak ada perubahan yang besar pada mobil sejuta umat tersebut.

“Bukan saya jelek-jelekin, dari segi suspensi Avanza sudah nyaman sebenarnya. Tapi, kalau dibawa akselerasi masih melayang, Xpander masih mantap di 140 kilometer per jam,” ungkapnya. (re2)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya