Harga Avanza-Xenia Baru Tak Berubah, Strategi Lawan Xpander?

New Toyota Avanza Veloz 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Beberapa waktu lalu Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor meluncurkan dua saudara kembar Avanza-Xenia terbaru. Selain tampilan yang diklaim berubah total, Avanza dan Xenia baru ini juga punya kejutan lain yakni harga tak berubah.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Dari harga resmi yang diumunkan Toyota, Avanza terbaru ini dibanderol dari harga termurah Rp188,6 juta hingga Rp239,45 juta. Sedangkan untuk Xenia baru dibanderol mulai dari Rp183,35 juta hinggga Rp228,95 juta.

Tak naiknya harga Avanza dan Xenia baru ini tentu menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, baik TAM maupun ADM mengklaim jika banyak perubahan yang diberikan pada mobil keluarga andalan mereka ini. Benarkah ini hanya sementara?

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Daihatsu sendiri mengklaim jika tak berubahnya harga tersebut dilakukan karena murni alasan persaingan yang ketat di pasar low MPV. Maklum, meski masih menjadi mobil terlaris namun saat ini pamor Avanza-Xenia mulai tergerus terutama sejak Mitsubishi sukses menghadirkan Xpander.

"Kalau dilihat dari perubahan-perubahan yang ada memang harusnya naik. Tetapi ini sama dengan Terios yang pas launching juga enggak naik meski full model change," kata Marketing & CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso.

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

"Kami tidak ada kenaikan karena kami ingin mobil ini kompetitif di pasar.
 Nah apakah ini sementara atau tidak, jawabannya balik lagi tergantung kondisi pasar. Tapi saat ini kami harus kompetitif, maka kami tidak ada kenaikan harga untuk Xenia baru ini," tambahnya.

Daihatsu Grand New Xenia 2019

Jika Daihatsu masih malu-malu untuk membeberkan kemungkinan Avanza-Xenia baru ini akan naik, pihak Toyota tampak sedikit terbuka. Menurut Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy, ada kemungkinan Avanza dan Xenia baru ini akan naik setelah tiga bulan.

"Pastinya kita akan melihat dulu, dalam tiga bulan kami akan meninjau lagi bagaimana, yang jelas dalam tiga bulan ke depan harganya masih sama dengan sekarang ini," ujar Anton beberapa waktu lalu.

Tak naiknya harga Avanza-Xenia ini juga mendapat perhatian Mitsubishi. Menurut Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, tak naiknya harga dari Avanza-Xenia itu perlu dicemarti dengan seksama.

"Tolong periksa diskon yang diberikan Avanza sebelum minor change dengan harga yang diumumkan kemarin. Diskon sebenarnya tidak baik, jadi tolong Anda lihat actual prize pas diskon diberikan," kata Nakamura, beberapa waktu lalu.

Masih menurut Nakamura, jadi konsumen harus cermat bahwa harga diskon bukan yang penting, yang paling penting adalah harga asli saat transaksi terjadi. Nakamura juga meminta calon konsumen jangan terjebak dengan harga sebelum diskon.

"Harga diskon bukan yang terpenting, yang penting adalah harga asli saat transaksi terjadi. Jadi Anda bisa cari tahu sendiri bagaimana harga asli dari Avanza itu," kata Nakamura.

Hal senada juga diungkapkan Budi Daulay, Head of MMC Sales & Marketing Region 1 MMKSI. Menurut Budi , sebenarnya masalah harga yang paling diperhatikan memang adalah harga aktualnya.

"Namun di sini kita tidak bisa mengumumkan harganya karena memang bukan porsi kita tetapi mungkin teman-teman bisa cek sendiri harga actual prize dengan harga actual tahun lalu," kata Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya