Biaya Servis Berkala Xpander dan Avanza, Mana yang Lebih Murah?

Avanza dan Xpander.
Sumber :
  • otojourney

VIVA – Terlepas dari laris manisnya Xpander sejak diluncurkan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat ini masih terus bekerja keras untuk menghilangkan beberapa stereotipe yang masih berkembang di tengah masyarakat.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Salah satunya mengenai biaya servis yang mahal. Tak dapat dipungkiri jika hingga saat ini masih ada segelintir orang menganggap biaya servis mobil Mitsubishi lebih mahal dibandingkan para kompetitor terutama Toyota dan Daihatsu.

Namun hal itu tak sepenuhnya benar. Menurut Ronald Reagen, Head of Aftersales Marketing dan Development Dept PT MMKSI, justru biaya servis Xpander saat ini diklaim lebih murah dibanding kompetitornya. Ronald mengaku ini bukan sembarang klaim.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Menurut Ronald, pihaknya telah melakukan survei di bengkel-bengkel resmi Toyota setiap enam bulan. Sebagai contohnya, lewat paket Smart, pemillik Xpander diuntungkan dengan biaya servis berkala yang murah plus gratis pergantian beberapa komponen hingga 50.000 km alias tiga tahun.

Sedangkan, Avanza hanya memberikan free service pada 1.000 km. Sementara mulai 10.000 hingga 50.000 km ada biaya sekitar Rp4 juta.

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

Beberapa komponen gratis Xpander, antara lain oli mesin, saringan oli mesin, saringan AC, saringan udara, minyak rem, dan gasket. Kemudian engine flush, brake cleaner, fuel system cleaner, dan water repellent.

"Bahkan jika diperpanjang hingga servis berkala 100.000 km, biaya servis rutin Xpander tetap lebih hemat hingga 45 persen. Sekitar Rp5,8 juta banding Rp11,3 juta. Jadi biaya kepemilikan Mitsubishi tidak benar jika mahal," kata Ronald di Jakarta.

Yang tak kalah menarik, selain biaya servis berkala Xpander lebih murah, Mitsubishi Motors juga memberikan gratis asuransi jiwa selama satu tahun kepada pembeli Xpander termasuk anggota keluarganya berdasarkan keterangan kartu keluarga (KK). Asuransi ini sendiri hasil kerja sama dengan Tokyo Marine dan berlaku untuk pembeli ritel maupun fleet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya