Mercedes Ingin Balik ke Asosiasi Gaikindo

Logo Mercedes-Benz
Sumber :
  • Daimler

VIVA – Mercedes-Benz Indonesia beberapa waktu lalu memutuskan, untuk tidak lagi menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo. Kini, agen resmi mobil Mercedes-Benz di Tanah Air tersebut berencana ingin kembali menjadi anggota asosiasi produsen mobil.

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

Rencana tersebut diungkapkan oleh Deputy Director Sales Operation and Network Development Mercedes-Benz Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto. Dia mengatakan, pihaknya masih berkomunikasi dengan Gaikindo, meski sudah tidak lagi menjadi anggota.

"Kami masih terus melakukan pembicaraan dengan Gaikindo, jadi enggak putus hubungan. Masih komunikasi, agar kedua belah pihak saling menunjukkan keinginannya," ujar pria yang akrab disapa Kary itu di Senayan, Jakarta, Kamis 7 Februari 2019.

Mercedes-Benz Punya Sejarah Unik yang Jarang Diketahui Orang

Kary mengatakan, keluarnya Mercedes-Benz Indonesia dari keanggotaan Gaikindo lantaran ada beda pendapat, terkait pengumpulan data penjualan dan masalah publikasinya. Kini, pihaknya dan Gaikindo sedang mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mercedes-Benz The New C-Class Rakitan Bogor Resmi Diluncurkan, C300 AMG Line

Kaget Lihat Angka Penjualan Mobil SUV Mewah Ini

"Kan ada masalah di pengumpulan data. Tapi sudah dibicarakan, antara kami, Gaikindo juga dengan KPPU. Pada garis besarnya, kami ingin kembali lagi," tuturnya.

Kisruh antara Mercedes-Benz dengan Gaikindo diketahui sejak 2017 lalu. Saat itu, merek mobil mewah itu menolak untuk memberikan data penjualan secara detail. Mereka beralasan, informasi data dianggap sesuatu yang rahasia.

Padahal, penyerahan data ini dilakukan oleh anggota Gaikindo lainnya. Buntutnya, agen resmi merek otomotif Jerman tersebut memutuskan untuk tidak lagi menjadi anggota Gaikindo per awal 2018. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya