Makin Canggih, Truk-truk Terbaru Punya Fitur Layaknya Sedan

Truk baru Hino, New Dutro 130 HDL
Sumber :
  • HINO

VIVA – Perkembangan teknologi membuat mobil-mobil baru memiliki banyak fitur canggih. Selain menjadi pelengkap mobil, fitur-fitur canggih dibuat untuk menunjang keselamatan berkendara di jalan.

Diam-diam Banyak Pengusaha di Indonesia Pakai Truk China

Fitur-fitur canggih ternyata bukan hanya ada di kendaraan penumpang, tetapi juga untuk truk. Salah satunya disematkan oleh PT Hino Motor Sales Indonesia pada jajaran produk barunya.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, produk Hino akan dilengkapi dengan fitur-fitur baru seperti rear camera, side guard, dan sistem rem ABS (anti-lock brake system), mirip seperti yang ditanam pada sebuah sedan.

Jualan Mobil Ini Isuzu Kantongi Rp300 Miliar Dalam Waktu Singkat

"Rear camera ini akan kami pasang untuk membantu saat truk parkir baik ketika proses loading maupun unloading. Akan ada di Hino New Generation Ranger dan New Dutro," kata Santiko saat konfrensi pers di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Selain itu, kata Santiko, untuk meningkatkan standar keamanan setiap produk Hino juga dilengkapi dengan side guard atau pelindung bagian samping. Side guard dipasang demi mencegah kecelakaan lalu lintas yang membuat korban masuk ke kolong truk. 

Pesaing Mobil Ford Ranger Raptor Segera Hadir

"Fitur ini memang terkait untuk keamanan, problemnya kan sepeda motor sering nyelonong dan kesenggol kena ban dan masuk ke kolong. Maka kami kasih itu, dan ini kami ikuti aturan dari Pemerintah juga," ucapnya.

Sementara untuk fitur rem antikunci, Santiko mengatakan, hanya disediakan untuk truk yang mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini terkait dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Pertamina untuk kendaraan angkut BBM.

"Sebenarnya bisa saja kalau customer lain mau fitur ini, tapi biasanya kan harus dilihat kebutuhannnya. Kalau ini kan sesuai dengan permintaan Pertamina," ujarnya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya