Sudah Punya Calonnya, Kapan DFSK Bawa Lawan Sepadan Avanza-Xpander

Test Drive DFSK Glory 580.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Pasar mobil penumpang di Indonesia memang berbeda. Jika di negara lain mobil sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV) paling diminati, namun di Tanah Air mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah model terlarisnya.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Tak heran jika kemudian banyak produsen mobil di RI berlomba-lomba merilis MPV. Meski begitu PT Sokonindo Automobile selaku produsen mobil DFSK asal China berbeda. Walau banyak pihak yang menawarkan mobil jenis MPV, Sokon justru lebih percaya diri menawarkan model Sport Utility Vehicle.

Mereka tetap fokus menjual SUV, karena belajar dari kesuksesan di negara asalnya, China.

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Seperti yang disampaikan GM Marketing PT Sokonindo Automobile, Permata Islam. Dia mengatakan, dari awal label DFSK di China memang spesialis SUV. Selain itu DFSK anggap pasar di negara asalnya memiliki karakter yang sama dengan Indonesia.

“SUV juga sudah menyerupai MPV dapat mengangkut penumpang tujuh orang, dan mewahnya dapat. Kami melakukan riset, orang yang menggunakan tujuh penumpang di Indonesia juga tidak terlalu sering,” ujarnya di Jakarta, Jumat 14 Februari 2019.

Toyota Rush GR Sport Terbaru Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp284 Jutaan

Hal senada juga disampaikan Public Relation and Digital Manager PT Sokonindo Automobile, Arviane. Menurutnya dalam waktu dua atau tiga tahun ke depan pun sepertinya DFSK enggan untuk bermain di pasar mobil sejuta umat.

“Kami membawa kesuksesan di China. Riset di awal, secara global pasar SUV naik dan di negaranya penjualan tinggi. Dan di Indonesia kami melihat tahun ke tahun grafik SUV terus stabil enggak pernah turun, walaupun kuenya tidak besar,” tuturnya.

Menurutnya bisa saja nanti DFSK akhirnya menjual mobil jenis MPV, namun dalam jangka waktu dekat masih akan fokus dulu di SUV. “Di China juga ada seri tiga MPV namanya Glory juga. Di kantor ada mesin diesel, tapi cuma buat operasional,” kata Ane.

Di Tiongkok DFSK memiliki dua mobil keluarga yang dapat mengangkut tujuh orang penumpang, yakni Glory 360 dan 330 yang ditawarkan dalam mesin diesel 1.300cc dan bensin 1.500cc. Mesin dan fiturnya setara dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya