Komentar 'Pedas' Pengamat soal Bentuk Baru Livina

All New Nissan Livina
Sumber :
  • Dok. PT Nissan Motor Indonesia

VIVA – PT Nissan Motor Indonesia sebagai salah satu produsen kendaraan asal Jepang di Tanah Air, akhirnya merilis All New Livina dengan perubahan total. Mobil keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle tersebut menggunakan platform Mitsubishi Xpander.

Mobil MPV yang Nyaman Ini Harga Bekasnya Stabil

Tak heran, jika spesifikasi dan bentuk Livina generasi terbaru itu mirip dengan Xpander. Hal tersebut ternyata bisa menjadi sisi negatif bagi calon konsumen Livina. Sebab, mereka beranggapan bahwa tidak ada kreativitas yang dituangkan.

Menurut pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, konsumen di Indonesia cenderung tidak mau tahu soal adanya aliansi antara dua merek tersebut.

Gak Nyangka, Mobil Ini Diangkut Perahu Kayu Mengarungi Lautan

"Konsumen cenderung tidak mau tahu tentang cerita di belakang kembaran bentuk ini. Yang mereka tahu adalah, produk yang ditawarkan (Nissan) meniru habis merek produk lain, yang sudah lebih dahulu hadir di pasar," ujar Yannes kepada VIVA, Rabu 20 Februari 2019.

Menurutnya, kurang tertariknya konsumen awam dengan Livina baru, bukan hanya dari bentuk menyerupai Xpander. Harga Rp198,8 juta sampai Rp261,9 juta yang ditawarkan terbilang tidak murah. Konsumen, dia melanjutkan, akan lebih berhati-hati saat memilih.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

"Bukan tidak mungkin, loyalis merek Grand Livina akan kecewa. Imitasi bentuk tersebut menghilangkan kebanggaan pengguna setianya,” tuturnya. (art)

Mitsubishi Xpander.

Penasaran bentuk lengkap Nissan Livina? Cek dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya