Fitur Canggih di Mobil Baru, Otomatis Berhenti Jika Lampu Merah

Teknologi GLOSA milik Audi.
Sumber :
  • Digitaltrends

VIVA – Di banyak negara yang kondisi jalannya selalu sibuk, lampu lalu lintas sering diabaikan keberadaannya. Hal ini yang akhirnya menimbulkan celaka, karena kendaraan melaju tanpa aturan.

Kingsley Coman Didenda Bayern Munich Gara-gara Salah Bawa Mobil

Di Indonesia sendiri, pelanggaran lampu lalu lintas sering terjadi. Ketidakberadaan petugas atau polisi di sekitar lampu jalan, menjadi alasan mengapa mereka berani melanggarnya.

Mengakali hal demikian, belum lama ini pabrikan mobil asal Jerman, Audi, mengenalkan teknologi pengendali laju mobil, atau mereka menyebutnya Green Light Optimized Speed Advisory (GLOSA).

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Melalui situs Digitaltrends dikutip Rabu, 20 Februari 2019, GLOSA memungkinkan pengendara mengemudi lebih aman. Nantinya alat ini bekerja menggunakan internet sebagai medium penghubung antara sistem dan lampu lalu lintas.

Ketika lampu menunjukkan indikasi kuning, maka perlahan batas kecepatan mobil akan alami penurunan, sehingga laju mobil melambat. Sampai akhirnya berhenti total ketika lampu berubah merah.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Selain terkoneksi dengan lampu lalu lintas, rencananya Audi juga akan membuat konektor lain, yang nantinya diletakkan di persimpangan atau tikungan tajam. Jangan harap lagi ada mobil melaju cepat ketika menikung, karena secara otomatis batas kecepatan akan diturunkan.

Audi mengatakan, teknologi ini tak akan berfungsi seandainya tak ada dukungan dari pemerintah. Mengingat GLOSA melibatkan perangkat jalan yang sejatinya milik pemerintah, sehingga harus ada sinergi antara keduabelah pihak. (yns)

Audi A5 baru meluncur di Indonesia.

Ada Mobil Keren Baru untuk Kaum Kaya Indonesia

Mobil Audi A5 Sportback dan A5 Coupe edisi terbaru resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp1,2 miliaran.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2021