Ketahui Kadar Gelap Kaca Film Mobil yang Ideal

Pemasangan kaca film.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Berkendara saat matahari terik, kadang menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, sorot cahaya yang tajam, juga bisa mengganggu pandangan. Sehingga untuk meredam panas dan silaunya, pemilik mobil bisa gunakan kaca film.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Penggunaan kaca film di mobil bukan hal baru. Namun, belum banyak yang tahu, berapa sebenarnya kadar kegelapan kaca yang ideal digunakan.

Dikatakan pemilik toko kaca film di bilangan Jakarta Pusat, kadar kegelapan yang disarankan untuk kaca bagian depan adalah 20-40 persen. Sementara itu, bagian samping dan belakang, tak masalah bila ingin gunakan di atas 40 persen.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

"Kaca film bagian depan disarankan pakai yang 20 persen. Di atas itu enggak masalah, asal jangan lebih 40 persen," ucap pria yang akrab disapa April itu, Jumat 22 Februari 2019.

Kaca film yang terlalu gelap, dikhawatirkan akan menghalangi jarak pandang. Apalagi, ketika berkendara di waktu malam.

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO

Selain itu, ia juga mengatakan, kadar gelap kaca bagian samping dan belakang adalah soal selera.

"Boleh pakai di atas 40 persen. Bahkan, mau (pakai) 80 persen juga enggak masalah. Berbeda dari kaca depan, kaca samping dan belakang enggak berhubungan langsung sama pengemudi. Jadi, itu soal selera," katanya. (asp)

Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024