Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Minyak Rem?

Ilustrasi minyak rem mobil.
Sumber :
  • Instagram/@habauto

VIVA – Selain oli mesin, cairan yang perlu diganti secara berkala pada peranti keamanan mobil adalah minyak rem. Penggantiannya, disarankan harus sesuai buku petunjuk servis dari dealer.

Berapa Sih Usia Pakai Minyak Rem pada Mobil?

Minyak rem terbuat dari bahan sintetis bersifat asam. Rem bekerja dengan mengubah energi gerak ke energi panas. Sehingga suhu rem saat sedang bekerja, bisa mencapai 200 derajat Celsius. Dengan suhu setinggi ini, diperlukan cairan khusus yang lebih tahan panas, seperti minyak rem.

Lantas, kapan waktu yang tepat mengganti minyak rem mobil?

Alasan Kenapa Minyak Rem Mobil Harus Dikuras

Menurut pemilik bengkel di bilangan Jakarta Pusat yang tak ingin disebutkan namanya, pergantian minyak rem umumnya dilakukan pada interval dua tahun atau pada 40.000 kilometer pemakaian.

"Setiap 40 ribu kilometer sekali. Kalau hitungan waktu, sekitar dua tahun. Tapi balik lagi, tergantung minyak remnya. Kalau yang murah, setahun aja sudah ngempos," ujarnya, Jumat, 22 Februari 2019.

Trik Sederhana Deteksi Kampas Rem Tipis atau Tidak

Ia juga menambahkan, apabila pergantian dilakukan lebih dari dua tahun, kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. "Semakin banyak kandungan air, maka titik didihnya akan terus menurun,” katanya. (art)

Ilustrasi minyak rem mobil

Ini yang Terjadi, Jika Minyak Rem Tak Pernah Diganti

Wajib diganti tiap dua tahun.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2019