Fenomena Perang Harga Mobil Baru, Gaikindo Pastikan Tak Terlibat

All New Nissan Livina
Sumber :
  • Dok. PT Nissan Motor Indonesia

VIVA – Harga menjadi pertimbangan utama saat memutuskan membeli mobil baru. Tak heran jika produsen otomotif berlomba-lomba menawarkan harga yang menarik bagi konsumennya.

Mobil Tesla Baru Cinta Kuya Seharga Hampir Rp1 M, Kayak Apa Bentukannya?

Meskipun mobil-mobil baru yang dijual di Tanah Air tersedia dalam berbagai dan memiliki fitur sangat berlimpah. Namun, ada agen pemegang merek (APM) yang menjual model terbaru tanpa kenaikan harga.

Melihat Kondisi demikian, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, kebijakan mengenai harga jual sudah ditetapkan oleh masing-masing merek. Di mana Gaikindo tak terlibat di dalamnya.

Mobil MPV Canggih Ini Dapat Promo Akhir Tahun

"Gaikindo tidak pernah menyentuh harga sama sekali. Harga itu kebijakan perusahaan masing-masing," kata Nangoi ditemui di Jakarta.

Sebagai asosisiasi APM kendaraan roda empat atau lebih, kata Nangoi, Gaikindo tidak memiliki hak untuk mengatur harga, termasuk soal kebijakan diskon,  serta kenaikan harga yang diberikan untuk pelanggan.

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

"Mau kasih diskon 50 persen monggo, diskon 90 persen silakan, mau naikan harganya silakan, yang pasti KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) sudah menjelaskan garis besarnya kepada Gaikindo sebagai asosiasi, kami tidak boleh menyinggung mengenai harga," ujarnya.

Terkait persaingan harga antar masing-masing merek mobil sejenis, Nangoi mengatakan, sebagai hal yang wajar.

"Mohon maaf kalau untuk yang satu ini sangat sensitif, tapi yang jelas memang betul price war terjadi di mana-mana, sama seperti di mal-mal, sale sale di mana-mana, begitu juga di mobil, yang namanya begitu pameran dapatkan promosi ini, ini sudah biasa," ujarnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya