Ini Fitur Tersembunyi di Avanza Baru, Enggak Banyak yang Tahu

New Toyota Avanza 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Agar tetap bertahan di tengah persaingan pasar yang semakin sengit, PT Toyota Astra Motor merilis Avanza dan Veloz baru dengan sejumlah perubahan. Rombakan paling jelas terlihat di eksterior, desain bumper dan grille tampak berbeda dari model sebelumnya.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Secara kasat mata, ubahan tersebut memang terlihat. Tapi, ada beberapa fitur di Avanza dan Veloz baru yang belum banyak diketahui oleh konsumen.

Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, ada penambahan fitur pada lampu utama mobil. Jika pada produk kompetitor hanya ada dengung pengingat lampu belum dipadamkan saat mesin mati, maka Avanza baru lebih canggih.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

"Kalau di Avanza baru ini, misalnya lupa mematikan lampu pas mesin mati, otomatis lampu padam. Jadi, menghemat aki bagi orang yang pernah lupa matikan lampu. Keluar dari mobil, lampu langsung mati," ujarnya di Semarang, Kamis 28 Februari 2019.

New Toyota Avanza 2019

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Bukan hanya itu, VIVA yang hadir dalam acara uji berkendara Avanza-Veloz mencoba salah satu fitur tersembunyi lainnya. Fitur itu disebut follow me home.

"Tujuannya, ketika parkir di garasi gelap atau saat parkir gelap dan butuh penerangan. Saat mesin mati, cukup colek tuas lampu jauh sekali saja. Lalu tutup pintu, lampu akan menyala selama 30 detik," tuturnya.

Selain itu, VIVA juga tidak sengaja melakukan pengereman mendadak saat berjalan di dalam kota, dengan mengemudikan Veloz 1.3. Lampu hazard langsung menyala selama beberapa detik. Fitur ini biasa disebut emergency stop signal.

"Ada juga, ketika wiper depan dinyalakan, lalu masuk gigi mundur, otomatis wiper belakang aktif otomatis. Ini sebenarnya dari versi sebelumnya sudah ada, berguna saat musim hujan ketika parkir," kata Didi. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya