Pilihan Baru SUV Listrik, Ngecas 5 Menit Bisa Jelajah 500 Km

Tesla Model Y.
Sumber :
  • USA Today

VIVA – Pabrikan mobil listrik asal Amerika, Tesla Motors, resmi mengenalkan satu model terbarunya. Menemani seri mobil yang sudah dirilis ke pasaran, yakni Model S, Model X, Roadster, dan Model 3, model terbarunya ini mereka namakan Model Y.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Melansir Independent Online, Senin 18 Maret 2019, Tesla akan mulai mengirim mobil kepada konsumen di musim gugur tahun 2020 untuk tipe Model Y Performance, Long Range Rear-Wheel Drive, dan varian Dual-Motor All-Wheel Drive.

Untuk Model Y standar yang dijual seharga US$39 ribu atau sekitar Rp555 juta, akan mulai dilepas pada 2021. Uniknya Tesla menyediakan opsi untuk menambah kursi penumpang menjadi 7-seater dengan penambahan dana US$3.000, atau sekitar Rp40 juta.

Neta Siap Hadirkan Mobil Baru Rakitan Lokal di Indonesia

Bos Tesla Motors, Elon Musk, menyatakan rasa percaya dirinya, terkait penjualan Model Y tersebut. “Selama 12 bulan ke depan, kita akan menjual satu juta unit,” ungkapnya.

Kepercayaan diri Elon bukan tanpa alasan. Mengingat model terbarunya ini memiliki keunggulan yang belum dimiliki banyak mobil listrik, yaitu sistem fast-charging, yang memungkinkan pemiliknya melakukan pengisian daya baterai, dengan durasi singkat. Tesla mengklaim, untuk bisa dipakai menempuh jarak 482 kilometer, mobil ini hanya perlu dicas selama lima menit saja.

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Melihat kapasitas mesin, Model Y masih mengusung platform yang sama dengan Model 3. Mobil yang dilengkapi powertrain efisiensi tinggi ini mampu berakselerasi mulai 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,5 detik, serta kecepatan maksimal 241 kilometer per jam.

Beralih ke tampilannya, bagian dalam mobil dilengkapi panoramic glass roof yang terbentang dari bagian atap kabin sampai belakang, sehingga menciptakan kesan lega dan mewah. Selebihnya, secara kasat mata, Model Y tak jauh berbeda dengan Model 3.

Serupa dengan kembarannya, Tesla Model Y juga tak membutuhkan anak kunci. Semua dalam kendali digital, yang telah terkoneksi langsung ke layar interaktif yang terletak di dalam kabin. Sehingga, pengoperasian mobil menjadi lebih efisien. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya