Penggemar City Car di Indonesia Tergoda Mobil Jenis Ini

Mitsubishi Mirage
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menyerah jualan Mirage di Tanah Air. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, distribusi mobil mungil itu dari pabrik ke diler, pada 2018 hanya 261 unit.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Sementara, penjualan retail atau dari diler ke konsumen, pada tahun lalu sebanyak 559 unit. Jika melihat rekam jejaknya, produsen mobil Mitsubishi tersebut sudah tidak aktif memasok Mirage ke diler sejak April 2018.

Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro mengatakan, Mirage sudah mulai berhenti ditawarkan ke konsumen, sejak akhir tahun lalu. Stok di pabrik juga sudah tidak ada.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

"Mungkin, kalau kami pantau di retail sales masih ada beberapa. Pabrik sendiri sudah tidak impor (dari Thailand) mulai dari akhir tahun lalu," ujarnya di Surabaya, Jawa Timur Selasa 19 Maret 2019.

Iwan menjelaskan, pasar city car saat ini mulai menyusut. Sementara, harga jual Mirage kurang bersaing dibandingkan kompetitor, dan beda tipis dengan harga Xpander.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

"Kalau bicara segmen harga, (Mirage) itu sebetulnya sangat dekat dengan Xpander. Jadi, banyak konsumen yang tadinya pakai city car beralih ke small MPV (multi purpose vehicle), khususnya Xpander," katanya.

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024