Tes Konsumsi BBM All New Honda Brio, Hasilnya Mengejutkan

All New Honda Brio
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Honda Prospect Motor sebagai produsen mobil Honda di Tanah Air, resmi meluncurkan All New Brio pada Agustus 2018 lalu. Tampilan mobil mungil terbaru itu berubah total, dan secara dimensi lebih panjang dari generasi sebelumnya.

Ugal-ugalan di Jalan, Pengemudi Brio Tabrak Polisi di Banjarmasin

Honda menyebut, dimensi Brio generasi kedua lebih panjang 160 milimeter, membuat ruang kaki untuk penumpang baris kedua bertambah 60 mm. Secara bobot, mobil perkotaan pesaing Toyota Agya dan Suzuki Ignis tersebut lebih berat 20 kilogram.

Meski tidak ringan lagi, konsumsi bahan bakar Brio baru terbilang irit. Hal tersebut terungkap, saat HPM menggelar lomba irit bersama para pewarta nasional, termasuk VIVA. Perjalanan dimulai dari Sunter, Jakarta Utara dan berakhir di Sentul, Bogor Jawa Barat.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Sebanyak 20 unit Brio Satya transmisi matik digunakan dalam acara tersebut. Setiap mobil diisi tiga orang, termasuk pengemudi. Meski beberapa peserta ada yang menggunakan AC, namun kami tidak. Tujuannya, agar kinerja mesin tidak berat, otomatis bahan bakar lebih irit.

All New Honda Brio

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Sesekali kami terjebak macet di tol dalam kota. Namun saat melaju di jalur bebas hambatan, kami tetap menahan kecepatan di 45 kilometer per jam, dengan putaran mesin 1.000-1.500 rotasi per menit.

Saat jalan menurun, kami menetralkan transmisi dalam kondisi mesin menyala, agar melaju tanpa perlu menginjak pedal gas.

Hasil konsumsi bahan bakar yang kami dapat dengan Satya transmisi matik CVT adalah 29,6 kilometer per liter. Meski sudah sangat irit, ternyata ada yang bisa mencapai 30,1 kilometer per liter.

Sebagai informasi, total jarak tempuh mobil yang kami kendarai yakni 70,5 kilometer. Alasannya, dari tol lingkar luar kami tidak langsung ke Sirkuit Sentul yang jadi titik finish. Namun, diarahkan menuju pintu tol Bogor terlebih dahulu, lalu putar balik dan kembali masuk tol menuju sirkuit. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya