Honda Ekspor All New Brio, Nilainya Rp1 Triliun

All New Honda Brio
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Saat memperingati hari ulang tahunnya ke-20, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga meresmikan ekspor All New Brio. Sebagai langkah awal, produsen mobil Honda di Tanah Air tersebut mengapalkan mobil mungil itu dalam bentuk utuh atau completely built up, ke Vietnam dan Filipina.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sejak 2013, HPM telah mengekspor 11 model mobil ke 12 negara di benua Asia dan Amerika. Namun, bentuknya terurai atau completely knock down. Artinya, Brio baru menjadi produk perdana HPM yang dikirim secara utuh.

"Nilai ekspor tersebut mencapai kurang lebih dari Rp1 triliun, dan nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk All New Brio sudah mencapai 89 persen," ujarnya di Karawang, Jawa Barat, Selasa 26 Maret 2019.

Pemobil Ngotot Isi Bensin Rp50 Ribu Indikator Tak Naik, Ini Penjelasan Pakar

Airlangga menjelaskan,  keberhasilan HPM melakukan ekspor ditunjang dari investasi, yang sampai tahun ini nilainya mencapai Rp4 triliun. Produksi dilakukan di dua pabrik, dengan total kapasitas 200 ribu unit per tahun.

Chief Officer for Regional Operations Asia and Oceania Honda Motor Corporations Ltd, Masayuki Igarashi mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Honda, baik di skala global maupun regional.

Gagal Kinclong, Honda Brio Terperosok ke Selokan saat Cuci Mobil

"Kami percaya, HPM akan terus memberikan kontribusi penting bagi Honda di masa depan," tutur pria yang juga menjabat sebagai President and Chief Executive Officer Asian Honda Motor Corporations tersebut.

Sebagai informasi, ekspor yang dilakukan HPM sejak 2013 dalam bentuk terurai ke 12 negara, sampai fiskal 2018 nilainya mencapai Rp12 triliun. Produsen mobil berlogo H tersebut menargetkan, pencapaian ekspornya sampai 2021 sebesar Rp25,5 triliun. (re2)

VIVA Otomotif: Honda Brio Satya di IIMS 2023

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Mobil itu mengungguli pesaing terdekatnya, Honda Brio Satya dan RS, yang terjual sebanyak 9.998 unit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024