Penjualan Honda Jazz Kalah dari Baleno, Ini Penyebabnya

Peluncuran Honda Jazz baru di Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Takhta Honda Jazz sebagai mobil hatchback terlaris di Indonesia, berhasil dikalahkan Suzuki Baleno. Menurut data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan Jazz dari pabrik ke diler di Februari 2019 hanya 986 unit.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Padahal, di awal tahun angka wholesales Jazz ada di 1.423 unit. Sedangkan penjualan Baleno, yang diimpor dari India pada bulan kedua tahun ini mencapai 1.239 unit.

Menanggapi hal tersebut, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy menyebut, penjualan wholesales tidak bisa menjadi patokan, karena yang akurat adalah penjualan secara retail.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

"Wholesales untuk penyesuaian saja. Dulu wholesales kami tinggi, karena buka diler banyak, dari 89 diler jadi 150 diler," ujarnya di Jakarta, Rabu 27 Maret 2019.

"Sekarang, diler enggak bertambah banyak, jadi wholesales saya atur supaya retail tinggi. Retail Jazz sekarang 1.000 unit per bulan. Jumlah diler 150 tahun ini, mungkin tambah lima diler lagi," kata dia menambahkan.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Alasan lainnya, waktu kerja di Februari pendek, hanya 28 hari. Maka, jumlah produksi tidak maksimal. Menurutnya, ke depan penjualan Jazz akan stabil lagi, terlebih setelah pemilihan umum.

"Januari Februari, rata-rata 1.000 per bulan, retail. Tahun lalu juga seperti itu. Jazz tidak ada masalah, memang pasar ini datang dan pergi. Selama ini, kami masih pemimpin pasar, jadi enggak terlalu khawatir," tuturnya. (asp)

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024