Brio Baru Buatan Indonesia Mulai 'Melaut'

Ekspor All New Honda Brio
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Indonesia menjadi negara pertama yang merilis All New Brio, pada Agustus 2018 lalu melalui PT Honda Prospect Motor. Bukan hanya dijual untuk pasar domestik, Brio generasi kedua tersebut juga dijual ke luar negeri.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Sebagai langkah awal, produsen mobil Honda di Tanah Air itu telah mengapalkan Brio ke Filipina, melalui pelabuhan Tanjung Priok. Negara kedua yang menjadi tujuan ekspor adalah Vietnam.

Presiden Direktur HPM Takehiro Watanabe mengatakan, Brio adalah model yang spesial, karena mobil perkotaan tersebut bukan hanya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang spesifik di Indonesia, namun juga di Asia.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

"Setelah mendapat sambutan luar biasa dari pasar domestik, kami yakin All New Honda Brio juga akan sukses di negara lain di kawasan ini," ujar Watanabe dalam keterangan resminya.

Ekspor All New Honda Brio

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Terkait soal jumlah Brio yang diekspor, Marketing and After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy menjelaskannya.

"150 unit (ekspor ke Filipina)," ujar Jonfis kepada VIVA melalui pesan singkat, Kamis 11 April 2019.

Beberapa waktu lalu Jonfis menyebut, alasan Filipina dan Vietnam dipilih menjadi tujuan ekspor pertama Brio, karena karakter konsumennya sama dengan Indonesia.

"Pakai setir kiri, variannya Brio RS dan Brio, enggak pakai Satya. Spesifikasinya enggak beda jauh, hanya beda kecil-kecil saja. Secara umum sama. Fitur yang berbeda, misalnya jok ekspor warna biru, kita hitam," katanya. (ang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya