49 Negara Pesan Mobil Pedesaan Buatan Indonesia

Presiden Joko Widodo meninjau Stan AMMDES di GIIAS 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – Di tengah serbuan produk otomotif merek Jepang dan China, PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia berusaha menghadirkan alternatif kendaraan serbaguna untuk warga yang bermukim di desa. Hasilnya, muncul Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Berbeda dari kendaraan bermotor pada umumnya, AMMDes tak hanya difungsikan sebagai alat transportasi saja. Kendaraan tersebut bisa digunakan untuk menggiling padi, membuat es serpihan, mengolah air bersih hingga feeder ambulans.

Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, alat untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di pedesaan tersebut telah melalui berbagai tahapan pengembangan dan uji coba. Kapasitas produksi AMMDes saat ini 3.000 unit per tahun, dan rencananya akan ditingkatkan menjadi 12 ribu unit per tahun di 2020.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

“Komponen lokal AMMDes sudah lebih dari 70 persen. Muatan penuhnya bisa mencapai 700 kilogram, dan variasi kemiringan 20 hingga 30 derajat. AMMDes dilahirkan karena melihat infrastruktur desa, sehingga dapat dimanfaatkan di jalan yang sangat ekstrem," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa 16 April 2019.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, AMMDes juga diminati oleh negara-negara lain. Bahkan, PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor sebagai penyalur, sudah meneken letter of intent ekspor 10 ribu unit AMMDes hingga 2023 ke 49 negara, termasuk beberapa negara di Asia Tenggara.

Gebrak Pasar Amerika, Mobnas Vietnam Vinfast Mejeng di CES 2022

Sebagai informasi, AMMDes pernah dimanfaatkan untuk mengolah air bersih di tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu, yakni di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. (kwo)

VIVA Otomotif: Proton Exora

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Berita yang membahas mengenai mobil nasional pesaing Toyota Innova dan cewek naik Yamaha R15 dicari warganet, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2023