Mobil Murah Ini Disiapkan untuk Bikin Bersih Kota

Kendaraan AMMDes
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan atau AMMDes, hingga kini terus dikembangkan. Salah satu rencana pengembangannya adalah, mengganti mesin diesel dengan dinamo listrik sebagai penggerak utama kendaraan tersebut.

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, AMMDes sudah diluncurkan dan siap memenuhi berbagai macam keperluan untuk masyarakat.

"AMMDes kan sudah diluncurkan. Kalau yang bertenaga listrik itu, ke tahap berikutnya," ujarnya di Jakarta, Kamis 18 April 2019.

Pastikan Pelayanan Arus Balik, PLN Bersama Itjen Kementerian ESDM Cek Kesiapan SPKLU Wilayah Banten

Saat ini, AMMDes tersedia dalam beberapa model, yakni bak terbuka, bak terbuka dengan genset, selep padi, pompa air, pemutih beras, serta feeder ambulans. Untuk AMMDes bertenaga listrik, rencananya akan dirancang dengan fungsi kendaraan pembersih sampah.

"Nanti bisa digunakan untuk di kota-kota, sebagai pasukan pembersih sampah. Nah, sedang didesain untuk itu," tuturnya.

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

Sebelumya, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, secara teknis AMMDes sangat memungkinkan dijadikan kendaraan listrik. 

Tenaga listrik, kata Putu, nantinya bukan hanya sebagai penggerak kendaraan saja. Namun, bisa dihubungkan juga ke mesin pengolah yang diletakkan di bak terbukanya.

Namun, masih harus dipikirkan soal berapa lama mesin tersebut bisa digunakan, serta dari mana sumber listrik yang digunakan untuk mengisi ulang baterai kendaraan tersebut. Sebagai informasi, AMMDes rencananya akan dipasarkan dengan harga di bawah Rp80 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya