Bikin Mobil Canggih di Indonesia, Toyota Butuh Waktu Tiga Tahun

Toyota C-HR Hybrid
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Toyota Astra Motor butuh waktu lama, untuk bisa memproduksi mobil listrik atau hybrid di dalam negeri. Meski, aturan mengenai Low Carbon Emission Vehicle sedianya akan rampung tahun ini.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmy mengatakan, jenis mobil ramah lingkungan yang bakal mereka produksi tergantung dari aturan tersebut. Apakah akan seluruhnya listrik, atau hibrida.

“Tidak mungkin, setelah peraturan soal kendaraan listrik diberlakukan, langsung produksi lokal. Perlu ada waktu untuk persiapan, maksimal tiga sampai empat tahun,” ujarnya di Jakarta, Rabu 24 April 2019.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Menurutnya, menentukan model apa yang paling cocok diproduksi lokal memang butuh waktu tidak sebentar. Ia mencontohkan, C-HR Hybrid ideal untuk diproduksi dan dipasarkan di China serta Eropa. Sementara, pasar Indonesia memiliki selera berbeda.

“Di Indonesia, mungkin dibutuhkan model lain yang lebih cocok, misalnya model MPV. Kami juga harus mempelajari, lini yang cocok dan juga visibility-nya, seperti baterai dan lainnya. Masih banyak PR buat kami,” tuturnya.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Sementara itu, Direktur Technical PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Yui Hastoro menjelaskan, saat ini pabrik mobil Toyota di Tanah Air belum ada rencana untuk memproduksi mobil hybrid.

“Kalau regulasi sudah keluar, kami coba comply. Tapi, saya belum bisa jawab, mobil mana yang diproduksi di Indonesia,” ungkapnya. (yns)

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024