Cerita Livina, Keindahan Gunung Geurutee hingga Monyet Usil

All New Nissan Livina test drive
Sumber :
  • Toto Pribadi/VIVA

VIVA – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memulai rangkaian test drive mobil terbarunya All New Livina di Bumi Aceh, Senin 29 April 2019. Perjalanan selama dua hari ini menjadi rangkaian pembuka All New Nissan Livina yang akan disiksa di beberapa wilayah Indonesia.

Isi Bensin Rp200 Ribu, All New Veloz Bisa Diajak Jalan Sejauh Ini

Puluhan awak media nasional maupun lokal diberi kesempatan menjajal performa mobil baru Nissan yang satu ini untuk mengunjungi beberapa destinasi menarik di Kota Serambi Mekkah tersebut. Rombongan 'Cerita Livina' ini terbagi dalam lima mobil All New Nissan Livina.

Saat ditanya mengapa 'Cerita Livina' ini dimulai di Nanggroe Aceh Darussalam, Head of Communication NMI, Hana Maharani mengatakan karena pihaknya ingin menggambarkan mobilitas konsumen tanah air yang beragam.

Nyobain Mobil Ini Siap-siap Dapat Kejutan

"Ingin menggambarkan keberagaman mobilitas di Indonesia yang ujungnya tentu akan merasakan perjalanan yang aman dan nyaman. Dimulai di Aceh yang nanti akan dilanjutkan di beberapa wilayah lain di Indonesia," kata Hana.

All New Nissan Livina test drive

Ini Daftar Mobil dan Syarat Test Drive di GIIAS 2021

Mengawali start di Le More Cafe, Banda Aceh, rombongan 'Cerita Livina' bergerak menuju Puncak Gunung Geurutee, Aceh Jaya. Setelah menyusuri jalanan kota, awak media disuguhkan dengan kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok.

Dalam perjalanan ini, fitur unggulan yang ada di All New Nissan Livina akhirnya teruji. Salah satunya tentu fitur Hill Start Assist. Beberapa kali rombongan memang harus berhenti di tanjakan mengingat jalan yang tak terlalu besar. Dengan fitur ini, tentu tak perlu khawatir mobil akan 'melorot' saat berhenti.

Begitu juga saat mobil harus melakukan manuver dan akselerasi untuk menyalip truk, mesin 1.500cc yang ditanamkan terbilang responsif. Braking system yang telah mengusung ABS juga beberapa kali teruji saat harus mengerem mendadak karena harus berpapasan dengan kendaraan lain.

Setelah menempuh perjalanan sepanjang 72,5 km, rombongan akhirnya sampai di puncak Gunung Geurutee. Dari kedai-kedai yang berjejer di tebing jurang, pemandangan pantai nan menawan jadi suguhan sembari menyeruput kopi hangat khas Aceh.

Puncak Gunung Geurutee, Aceh

Yang perlu menjadi catatan, saat ‘ngopi’ santai di warung-warung yang berjajar di tebing, harus bersiap berbagi makanan dengan monyet-monyet liar. Monyet-monyet jahil ini tak segan-segan menyambar makanan dan langsung meloncat lincah kabur.

Keindahan alam yang membuat waktu terasa cepat. Rombongan harus bergerak menuju destinasi kedua yakni Pucok Kreung di Kecamatan Lhoknga yang berjarak 54,6 km dari Puncak Gunung Geurutee.

Bukan tanpa sebab. Pihak Nissan memilih destinasi yang satu ini rupanya ingin menonjolkan ground clearance All New Nissan Livina. Maklum, rutenya sangat ekstrem bebatuan dan sesekali lubang dengan genangan air. Jalan pun hanya cukup untuk satu mobil.

All New Nissan Livina memang punya ground clearance tertinggi di kelasnya, 205 mm. Hal itu yang membuat mobil ini juga tak kesulitan saat harus melahap rute ekstrem menuju destinasi Pucok Kreung yang memang belum banyak terjamah manusia.

Pucok Kreung Lhoknga

Tiba di Puncak Kreung, ketenangan alam dengan tembok tebing tinggi menjulang sebagai ujung pemberhentian aliran sungai langsung mengunggah rasa penasaran. Misteri apa lagi yang tersimpan di tempat yang satu ini?

Rasa penasaran sedikit terjawab, tiga perahu datang dan membawa rombongan. Tujuannya, sebuah persimpangan sungai yang kabarnya akan dipenuhi kelelawar terbang saat matahari akan tenggelam. Sayangnya, momen ini tak didapat karena terlalu awal.

Rombongan 'Cerita Livina' akhirnya memutuskan untuk kembali ke Banda Aceh untuk persiapan perjalanan esok hari. Bersambung...

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya