Bisa Resmi Dijual, di Mana Diler Esemka?

Logo Esemka
Sumber :
  • viva.co.id/Dian Tami

VIVA – Nama Esemka kembali menjadi perbincangan publik, setelah masuk ke dalam daftar mobil-mobil yang sudah diizinkan untuk dijual secara nasional. Daftar tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri, dan di dalamnya ada Esemka Garuda 1 2.0 M/T.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Dengan masuknya nama Esemka Garuda 1, berarti secara legalitas mobil ini sudah bisa dipasarkan. Terlebih, telah tercantumnya Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk Garuda 1, yang diketahui sebesar Rp209 juta. Meski demikian, kehadiran produk kendaraan yang disebut mobil nasional ini masih jadi tanda tanya.

Alasannya, belum ada satu pun pihak terkait yang membuka suara terkait kehadiran mobil sport utiltiy vehicle itu. Bahkan, hingga saat ini juga belum ditemukan diler resminya.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Produk Esemka pertama kali digagas oleh seorang bernama Sukiyat, pada 2007. Dia bersama dengan murid-murid SMK asal Klaten, Jawa Tengah dengan serius mengerjakan proyek mobil ini.

Informasi soal Esemka sempat hilang, seiring berjalannya waktu. Hingga pada 2018 lalu, calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'aruf Amin membuka suara, bahwa Esemka akan hadir di Oktober 2018.

Gebrak Pasar Amerika, Mobnas Vietnam Vinfast Mejeng di CES 2022

Pernyataan ini sempat menjadi polemik, dan ia kemudian mengklarifikasi ucapannya soal Esemka, dengan menyebut produksi massal tersebut bisa saja diundur atau dibatalkan, tergantung rencana dari pabriknya.

Terkait pabrik, PT Solo Manufaktur Kreasi yang disebut sebagai pemegang kendali mobil Esemka, diketahui memiliki fasilitas di Boyolali, Jawa Tengah. Meski demikian, belum ada informasi terbaru, lantaran pihak pabrik masih menutup rapat informasi mengenai mobil tersebut. (yns)

VIVA Otomotif: Proton Exora

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Berita yang membahas mengenai mobil nasional pesaing Toyota Innova dan cewek naik Yamaha R15 dicari warganet, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2023