Bukan Hal Serius, Cakram Mobil Berkarat Wajar Terjadi

Cakram mobil berkarat.
Sumber :
  • VIVA.CO.ID/Jeffry Yanto

VIVA – Untuk menghentikan laju mobil, rem bertanggung jawab akan hal tersebut. Maka ada saja yang khawatir ketika piringan atau cakram berkarat, dapat memengaruhi kinerja rem.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Sebenarnya hal itu wajar, umumnya cakram mobil terbuat dari baja yang rentan korosi. Seperti yang disampaikan Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

Disk brake kelihatan seperti berkarat sebenarnya bukan karat yang korosif. Namun initial karat, yang terjadi karena oksidasi material besi dan air atau udara,” ujarnya kepada VIVA, Minggu 16 Juni 2019.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Dia mengatakan, cakram mobil terbuat dari besi cair yang sengaja tidak diberikan cat. Jika diberikan cat atau pelapis anti karat yang tidak sesuai, akan mengurangi koefisien gesek dengan kanvas rem.

“Dan itu (karat) tidak berpengaruh ke pengereman, warna coklat tersebut akan hilang dengan beberapa kali pengereman,” tuturnya.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Hal senada disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurutnya, wajar timbul karat di cakram karena terbuat dari besi dan langsung terpapar air, kotoran. 

“Mudah berkarat karena materialnya dari baja cor, baja tuang, namun tidak memengaruhi efek pengereman. Karena karat tersebut akan terkikis oleh brake pad atau kanvas rem,” kata Didi.

Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024