Mobil Kijang Tua Ini Enggak Butuh SPBU

Modifikasi Kijang jadi mobil listrik
Sumber :
  • LIPI

VIVA – Bicara soal mobil terlaris di Indonesia, maka nama yang sering diucapkan adalah Toyota Avanza. Namun, sebelum kendaraan sejuta umat itu dilahirkan, ada model lain yang banyak digandrungi masyarakat di Tanah Air.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Model yang dimaksud adalah Toyota Kijang. Mobil yang versi pertamanya hadir pada 1977 itu, menjadi awal dari tumbuhnya pasar mobil keluarga. Seiring perkembangan zaman, bentuk dan mesin yang digunakan mengalami perubahan.

Meski kini model barunya sudah hadir, Kijang lama masih banyak berseliweran di jalanan. Bahkan, ada satu yang kini tidak pernah lagi mampir ke stasiun pengisian bahan bakar umum untuk mengisi bensin.

Neta Siap Hadirkan Mobil Baru Rakitan Lokal di Indonesia

Dilansir dari laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rabu 19 Juni 2019, Kijang lawas menjadi salah satu bahan percobaan para peneliti di LIPI. Oleh mereka, mesin bensin yang terpasang diturunkan, dan diganti dengan dinamo listrik.

Tangki bahan bakar juga dilepas, dan lubang pengisiannya diganti dengan soket untuk mengisi ulang baterai. Mobil tersebut dibekali dinamo 96 Volt tiga fase, yang dapat menghasilkan tenaga 52 daya kuda dan torsi 156 Newton meter.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

Dalam kondisi baterai penuh, mobil bisa menempuh jarak 75 kilometer. Kecepatan maksimalnya mencapai 120 km per jam.

SPKLU PLN dari tiang listrik

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

PT PLN (Persero) mengungkapkan uji coba tiang listrik menjadi charging station mobil listrik berbasis baterai. Tetapi, PLN menyatakan tak semua bisa jadi SPKLU karena ini

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024