Wuling Gak Bakal Bikin Mobil Ini untuk Pasar Indonesia

Wuling Almaz
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Tidak mau kalah dari merek otomotif Jepang, Wuling juga akan melakukan ekspor mobil secara utuh dari Indonesia. Negara yang menjadi tujuan pertama adalah Thailand, dan proses tersebut bakal dimulai pada akhir tahun ini.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Jenis mobil yang diekspor adalah sport utility vehicle, yakni Almaz. Namun, mobil akan dijual di negeri Gajah Putih menggunakan merek Chevrolet, dengan nama model Captiva.

Vice President Wuling Motors, Cindy Cai mengatakan, sebagai pemain baru, ekspor merupakan keseriusan Wuling, untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil merek China tersebut, khususnya untuk wilayah Asia Tenggara.

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

"Ekspor ini step by step, karena memang bisnis baru. Kami mau mulai dari Almaz dulu," ujarnya di Jakarta, Jumat 12 Juli 2019.

Wuling Almaz

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Spesifikasi mobil Captiva untuk ekspor, kata Cindy, tidak akan berbeda dengan Almaz untuk pasar domestik. Sebab, keduanya lahir dari lokasi yang sama, yakni di pabrik milik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat.

Soal kemungkinan General Motors Indonesia memasarkan Almaz yang diberi logo Chevrolet, Cindy mengatakan, hal itu tidak mungkin terjadi. Sebab, mereka memiliki strategi bisnis yang berbeda.

"Impossible. Kami sangat berharap, di jalan itu merek Wuling makin banyak. General Motors merupakan pemegang saham Wuling, jadi kami ekspor ke Thailand pakai nama dia," tuturnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya