Penantang Baru Avanza Pakai Mesin Ganjil

Renault Triber
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Maxindo Renault Indonesia akan merilis mobil baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Mobil tersebut diberi nama Triber, dan ditawarkan dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Chief Operations Officer Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan mengatakan, dari empat varian yang akan dijual, dua varian teratas mobil penantang Toyota Avanza itu dilengkapi dengan fitur smart keyless.

Menurutnya, Renault memiliki pertimbangan yang matang, kenapa Triber dibekali mesin dengan jumlah silinder ganjil. Menurutnya, konfigurasi tersebut sudah dibuktikan keandalannya di Eropa, dan hingga kini tdak ditemukan masalah.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan di Diler, Innova Zenix Hybrid Dihantam Terios

"Itu adalah hasil dari semua studi. Mesin yang kami pakai, adalah mesin yang sudah terbukti di Eropa, mesin Clio," ujarnya di Tangerang, Sabtu 13 Juli 2019.

Renault Triber

Kecil-kecil Tajir Melintir, Fujianti Utami Putri Beli Super Car Baru Seharga Rp2,7 Miliar

Lebih lanjut Davy menjelaskan, mesin yang diproduksi di Negeri Bollywood tersebut sudah dilengkapi dengan empat katup dan sistem pengabutan injeksi. Tenaganya 72 daya kuda, yang diklaim lebih besar ketimbang merek lain dengan kapasitas mesin 1.200cc.

"Kalau Anda perhatikan, yang namanya mesin tiga silinder itu ada kelebihannya. Mesin ini kalau buat stop and go justru lebih enak, dibanding empat silinder," tuturnya.

"1.000cc dibagi empat silinder, masing-masing 250cc. Kalau 1.000cc dibagi tiga silinder, masing-masing 330cc. Luas penampang diameter lebih besar 330cc, sehingga tenaga dan torsi lebih bagus," kata dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya