Jimny Dipakai Blusukan ke Hutan, Suzuki Hapus Fitur Ini

Suzuki Jimny
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Suzuki Indonesia memajang Jimny generasi terbaru, di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Meski bentuknya masih mempertahankan ciri khas mobil jip, fitur yang disematkan cukup canggih.

Akrabnya Sandiaga dan Gibran Nonton Pentas Seni di Atas Mobil Jip

PT Suzuki Indomobil Sales sebagai agen pemegang merek, memilih Jimny dengan spesifikasi khusus. Beberapa fitur yang secara standar tersedia di versi asli, diputuskan untuk tidak dihadirkan dalam model yang diimpor ke Tanah Air.

“Istilahnya sih, penyesuaian ya. Kalau penghangat, sebenarnya di AC sudah ada pemanasnya juga. Kalau di Jepang lebih banyak dijual 660cc, di kita hanya dijual 1.500cc,” ujar Head of Product Development SIS divisi roda empat, Yulius Purwanto, di ICE BSD, Tangerang, Selasa 23 Juli 2019.

Suzuki Jimny Harga Murah Segera Mengaspal

Tak hanya menyesuaikan, SIS juga menghilangkan beberapa fitur kekinian pada mobil seharga mulai dari Rp315,5 juta itu. Contohnya, fitur pencegah terjadinya tabrakan.

Suzuki Jimny generasi 4

Jip Perang Dilelang di Yogyakarta, Segini Harganya

“Karena mereka mengikuti peraturan di Jepang, ada fitur seperti automatic brake. Kalau kondisi kecepatan tertentu, melihat di depannya ada sesuatu, mobil berhenti. Di kita, tidak ada,” tuturnya.

“Alasannya, kami merasa saat ini di Indonesia belum diperlukan. Terus, mobil ini juga dipakai untuk off-road, pasti pengemudinya hati-hati,” dia menambahkan.

Fitur lain yang absen dari mobil ikonik tersebut, yakni sistem keyless atau menghidupkan mesin tanpa anak kunci. Peranti canggih itu, umumnya menjadi standar di mobil keluaran terbaru saat ini.

“Di Jepang, ada yang keyless. Alasan kami hanya menghadirkan versi kunci fisik, karena takutnya lagi main off-road, kunci hilang. Kan enggak lucu, saat masuk hutan telepon call center Suzuki cuma karena kunci hilang,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya