Daihatsu Juga Punya Fitur Perintah Suara Berbahasa Indonesia

Logo Daihatsu
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Pabrikan otomotif asal Tiongkok, Wuling mengejutkan pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, saat mengenalkan fitur perintah suara kendaraan bernama WIND, atau Wuling Indonesian Command.

Mobil yang Diproduksi di Indonesia Ternyata Laku di 75 Negara

Teknologi yang terpasang di Wuling Almaz tersebut, memungkinkan pemiliknya menyampaikan sebuah perintah ke mobil, hanya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Misalnya, membuka dan menutup kaca, atau memainkan dan mematikan alunan musik.

Namun rupanya, fitur canggih itu juga telah dimiliki pabrikan otomotif asal Jepang, Daihatsu. Akan tetapi, mereka belum mau mengadopsinya, lantaran ada beberapa hal yang masih dalam tahap pertimbangan.

49 Persen Mobil yang Diekspor RI Berasal dari Pabrik Ini

"Kami bisa menghadirkannya. Tapi, kita semua harus perhatikan, apakah mobil yang dibuat hanya untuk pasar lokal saja, atau untuk diimpor ke luar negeri juga," ujar Executive Coordinator Design Engineering PT Astra Daihatsu Motor, Soni Satriya di ICE BSD, Tangerang, Selasa 23 Juli 2019.

Sementara itu, Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra menjelaskan, pemasangan fitur canggih tersebut di mobil Daihatsu merupakan suatu hal yang mungkin saja terjadi. Namun, sekali lagi, segalanya harus dipersiapkan secara matang.

Penjualan Mobil Ini Naik 300 Persen di Indonesia

"Sejauh ini, kami terima masukan para konsumen. Segala kemungkinan terkait pemenuhan kebutuhan mereka (pelanggan), selalu kami jaga, dan diskusikan bersama," kata Amel.

Sebagai informasi, pesaing Wuling yang juga dari Negeri Tirai Bambu, yakni DFSK, juga sudah menerapkan teknologi tersebut pada model yang mereka jual di Tanah Air. (ang)

Daihatsu Rocky 1.2L

Para Pemilik Daihatsu Rocky, Gran Max dan Luxio Perlu Baca Ini

Tiga mobil Daihatsu tersebut harus dibawa kembali ke bengkel untuk menjalani pemeriksaan dan penggantian komponen.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022