Canggih, Pelek Honda Accord Baru Dipasangi Peredam

All New Honda Accord
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Honda Prospect Motor akhirnya mendatangkan All New Accord ke Indonesia. Mobil sedan yang dibawa utuh dari Thailand itu ditawarkan satu varian, dengan harga Rp698 juta on the road Jakarta.

Hyundai Tunda Peluncuran Mobil Hidrogen karena Masalah Ini

Berbeda dari versi sebelumnya, Accord terbaru telah dibenamkan sejumlah fitur canggih. Salah satunya, peredam suara yang ditanamkan di dalam pelek, yang disebut resonator and resin molding.

Fungsinya adalah untuk meredam kebisingan putaran roda hingga enam desibel, agar tidak masuk ke dalam kabin. Dengan adanya fitur canggih itu, maka pemilik akan mengalami dilema saat hendak mengganti pelek.

3 Mobil Global Paling Ikonik Baru Diluncurkan Minggu Ini

Assistant Large Project Leader Honda Accord dari tim Riset dan Pengembangan Honda Jepang, Masao Nakano mengatakan, pelek Accord baru berukuran 18 inci dan dibalut ban 235/45. Jika diganti, maka fungsi peredamnya akan hilang.

All New Honda Accord

Isi Bensin Rp200 Ribu, All New Veloz Bisa Diajak Jalan Sejauh Ini

“Pelek diganti, fiturnya akan hilang. Karena, di dalamnya ada resonator, dan tidak bisa dipindahkan ke pelek lain. Ukuran ban diganti, juga berpengaruh terhadap fitur bisingnya,” ujarnya di Bandung, Jawa Barat, Rabu 24 Juli 2019.

Lebih lanjut Nakano menjelaskan, saat waktunya ganti ban, maka pemilik sebaiknya memilih karet bundar dengan ukuran yang sama. Sebab, fitur peredam sudah dirancang khusus untuk spesifikasi ban tersebut.

Accord terbaru juga dilengkapi speaker, dengan fitur active noise cancellation. Gelombang suara yang dihasilkan, akan menetralkan suara bising dari luar. Untungnya, pemilik bisa mengganti speaker jika ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih bagus.

“Fitur active noise cancellation tetap ada, jadi tidak masalah (ganti speaker). Fitur tersebut ada di sistem audio. Ketika speaker diganti, tidak ada masalah,” katanya. (ang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya