Mobil Ini Jadi Penyelamat Toyota Indonesia

Booth Avanza di IIMS 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosef Mali

VIVA – Avanza menjadi salah satu model kendaraan, yang jadi andalan PT Toyota Astra Motor di Indonesia. Meski pesaingnya kini semakin banyak, namun mereka percaya mobil keluarga itu tetap jadi favorit masyarakat.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Bicara soal penjualan, dari Januari hingga Juli 2019, sebanyak 47.500 unit Avanza dikirim dari pabrik ke diler-diler resmi. Khusus di Juli, angkanya 7.800 unit, naik 122 persen dari bulan sebelumnya.

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, pihaknya beruntung memiliki produk mobil seperti Avanza. Sebab, di tengah pasar yang cenderung turun angkanya tahun ini, model tersebut masih diminati konsumen.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

"Sebenarnya, bukan penjualan naik lagi. Kami berjuang, di tengah kondisi yang enggak memungkinkan," ujarnya di Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

New Toyota Avanza Veloz 2019

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Kondisi yang dimaksud Soerjo itu, adalah adanya pemilihan umum dan libur lebaran. Dua hal itu kerap jadi momok bagi para produsen otomotif, karena bisa memengaruhi penjualan cukup besar.

Tapi, ternyata yang ditakutkan tidak terjadi. Soerjo mengatakan, penjualan Avanza mulai normal setelah pemilihan umum. Kenaikan penjualan mobil kembaran Daihatsu Xenia itu juga terlihat, menjelang Idul Fitri tahun ini.

"Hari raya Lebaran itu bikin Avanza booming, sampai ke level 8-9 ribu unit. Pasca lebaran, kami kehilangan momentum," tuturnya.

Seusai hari raya, penjualan Avanza bisa naik karena adanya pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya