Dirut Sebut Mobil Esemka Indonesia Banget

Pekerja berjalan di depan deretan mobil Esemka di pabriknya di Sambi, Boyolali,
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Setelah sempat diragukan masa depannya, akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai pemegang merek kendaraan Esemka, buka suara terkait perkembangan proyek mereka. Saat ini, status produk Esemka masih terus berjalan.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Hal itu dikatakan langsung oleh Direktur Utama SMK, Eddy Wirajaya, saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan. Sebagai tahap awal, jenis kendaraan yang diproduksi adalah komersial.

“Kami sedang mempersiapkan fasilitas dan juga produksi kendaraan komersial di Boyolali,” ujar Eddy di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Soal jenisnya, sesuai dengan bocoran foto yang beredar beberapa waktu lalu, SMK membuat mobil jenis pikap. Menurut Eddy, sektor komersial sangat penting bagi perusahaannya, untuk bisa berkembang di industri otomotif nasional.

“Jelas komersial. Kalau enggak, kami enggak hidup. Mobil penumpang belum, kami masih dedikasi ke pikap komersial,” tuturnya.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Soal status perusahaan, Eddy memastikan bahwa SMK tidak melibatkan perusahaan asing, baik dalam proses manufaktur maupun investasi.

“Kami adalah perusahaan manufacturing swasta menengah. Perusahaan nasional, murni merah putih,” ungkapnya.

Sayangnya, ia enggan menjelaskan lebih jauh soal kapan waktu peluncuran mobil tersebut. Eddy hanya mengatakan, produk tersebut akan menjadi kejutan.

“Nanti pada saat launching, akan kami informasikan. Kalau bilang sekarang, enggak ada kejutan kan,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya