Menperin: Esemka Ditunggu Barangnya

Logo Esemka
Sumber :
  • viva.co.id/Dian Tami

VIVA – Masyarakat Indonesia sudah lama mendambakan kehadiran mobil nasional. Esemka sempat menjadi harapan, sebelum kemudian lenyap tak ada kabarnya selama bertahun-tahun.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Beberapa kali, mobil yang diduga sebagai Esemka tertangkap kamera dan gambarnya beredar di media sosial. Bahkan, merek tersebut juga masuk dalam daftar kendaraan yang bisa dijual di Indonesia, serta sudah lulus uji tipe.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, nama mobil Esemka sudah dikenal masyarakat. Namun, hingga saat ini belum terlihat secara jelas wujudnya.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

"Esemka ini agak terkenal. Tinggal kita lihat, barangnya keluar kapan, Itu ditunggu, termasuk oleh media. Hari ini, kita lihat komponennya," ujarnya di acara Pameran Industri Komponen Otomotif Kemenperin, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Sementara itu, Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya mengatakan, model pertama yang dihadirkan adalah Esemka pikap untuk komersial. Saat ini, mereka sedang menuju proses produksi massal.

Gebrak Pasar Amerika, Mobnas Vietnam Vinfast Mejeng di CES 2022

Salah satu wujud nyata persiapannya, adalah dengan membuat letter of intent dengan perusahaan manufaktur lokal. 

"Kami mengundang supplier, untuk partisipasi mendukung kami. Komponen apa yang mereka produksi, supaya cocok dengan kebutuhan kami. Jadi, silahkan menawarkan produk mereka dengan ekonomis dan berkualitas. Apabila cocok, kami lanjutkan dengan agreement," tutur dia. 

VIVA Otomotif: Proton Exora

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Berita yang membahas mengenai mobil nasional pesaing Toyota Innova dan cewek naik Yamaha R15 dicari warganet, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2023