Pabrik Honda Setop Produksi Mobil, Dipakai Bikin Motor Bebek dan Trail

Logo mobil Honda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Nama Honda dikenal sebagai salah satu produsen otomotif kelas dunia. Produk yang dijual mulai dari mobil, sepeda motor, bahkan pesawat terbang pribadi.

Siap Menunggu Bertahun-tahun Jika Ingin Beli Mobil Honda Ini?

Agar kendaraan yang ditawarkan laku banyak, merek Jepang ini memiliki perwakilan dan pabrik di berbagai negara. Salah satu fasilitas produksinya, ada di Argentina. Pabrik itu sudah beroperasi sejak 2006, untuk membuat sepeda motor.

Lalu, di 2011 fasilitas produksi di Amerika Selatan semakin lengkap. Sebab, di lokasi yang sama, Honda memproduksi mobil sedan City dan crossover H-RV. Namun, hal itu ternyata tidak berlangsung lama.

Gak Nyangka, Sejak Diluncurkan Sudah 28 Juta Honda Civic Terjual

Dilansir dari Carscoops, Kamis 15 Agustus 2019, Honda berencana mengakhiri produksi mobil dari pabrik di Argentina, mulai 2020. Selanjutnya perwakilan resmi di sana hanya akan membuat sepeda motor.

Baca juga: Selain mobil listrik, motor dengan setrum wajib diproduksi lokal

Gak Nyangka, Ternyata Mobil Honda Ini Cuma Terjual 1 Unit di RI

Alasannya, merek otomotif yang didirikan oleh Soichiro Honda tersebut ingin memperkuat struktur bisnis kendaraan roda empat, dengan cara perampingan. Apalagi, saat ini produsen sedang masuk ke dalam transisi dari model konvensional ke model kendaraan listrik.

Alhasil, alokasi dan produksi mobil tidak bisa dilakukan di semua pabrik. Nantinya, merek Jepang tersebut akan tetap memasarkan City dan H-RV, serta memberikan layanan purnajual bagi mobil-mobil yang sudah dijual di sana.

Produksi sepeda motor di pabrik Honda Argentina akan dimulai pada 31 Mei 2020. Fasilitas itu akan fokus pada pembuatan beberapa model sepeda motor, yakni motor bebek Wave, naked bike CG150 dan motor trail XR150L.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya