Mobil Hybrid Tak Dapat Akses VIP

Toyota C-HR Hybrid
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Dukungan pemerintah terhadap kendaraan ramah lingkungan diwujudkan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019. Regulasi yang dibuat untuk percepatan kendaraan bermotor listrik itu sudah ditandatangani oleh presiden Joko Widodo pekan lalu.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Perpres tersebut menjelaskan, bahwa sebagai komitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, maka perlu didorong percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan.

Regulasi baru ini tidak menyebutkan tentang kendaraan jenis hybrid. Padahal, selama ini agen pemegang merek (APM) mobil di Tanah Air, lebih banyak pamer kendaraan dengan teknologi tersebut.

Hybrid Car Incentive Can Be Beneficial for Consumers, Toyota Says

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya masih menanti aturan lainnya di level Kementerian atau pemerintah terkait kendaraan ramah lingkungan lainnya.

"Kami masih menunggu bagaimana aturan di bawahnya (Perpres), di level menteri atau pemerintahan lain. Contohnya, yang lagi kami tunggu masalah PPnBM. Kami juga dengar bocorannya di GIIAS kemaren dari kemenkeu. Kemudian, bagaimana aturan untuk produksi," ujarnya di Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019.

Toyota Rencanakan Varian Hybrid untuk Seluruh Model Mobil

Meski demikian, kata Anton, TAM sebagai agen resmi Toyota di Tanah Air turut  menyambut positif adanya regulasi untuk percepatan kendaraan bermotor listrik dalam wujud Peraturan Presiden tersebut.

"Perpres ini yang kami tunggu, bahwa lebih jelas lagi pemerintah sudah pasti akan mendukung produksi dalam negeri untuk masuk ke dunia elektrifikasi," tuturnya

Ilustrasi diler mobil Toyota

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Sebuah platform online, PT Astra Auto Digital atau SEVA siap memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemukan mobil baru pilihan mereka dengan harga yang bisa disesua

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024