Inikah Calon Mobil Baru Menteri Jokowi?

Reshuffle Kabinet Jokowi
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Sekretariat Negara diketahui sudah menyelesaikan lelang pengadaan mobil baru untuk jajaran menteri, yang akan menemani Presiden Jokowi selama lima tahun ke depan. Nilainya sangat fantastis, mencapai Rp152 miliar.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Hal itu diketahui, dari laman Layanan Pengadaan Sistem Elektronik Kementerian Keuangan, dilansir Kamis 22 Agustus 2019. Pada laman tersebut, ada pengadaan kendaraan dinas untuk pejabat menteri, dengan jumlah peserta sebanyak 41 perusahaan.

Namun, hanya empat yang dianggap memenuhi syarat. Setelah proses pengajuan harga, akhirnya PT Astra International Tbk Toyota Sales Operation keluar sebagai pemenang.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Jika melihat dari sejarahnya, mobil yang dipakai oleh menteri saat ini adalah Toyota Crown Royal Saloon. Mobil tersebut tidak tersedia di daftar kendaraan yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor, agen pemegang merek resmi di Tanah Air.

Interior Toyota Crown baru

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman Toyota Jepang, diketahui bahwa Crown terbaru sudah tersedia di negara tersebut. Perbedaan tampak cukup banyak, meliputi eksterior hingga dapur pacu.

Grille depan Crown edisi anyar tampil lebih agresif, berkat ubahan pada sisi sampingnya. Lampu utamanya juga dibuat sedikit menyipit, mirip dengan desain mobil Mercedes-Benz. Pada bagian bawah grille, tampak garis yang dibuat menyerupai sayap.

Interiornya tampak mewah dan nyaman, berkat penggunaan bahan kulit berkualitas terbaik. Aksen krom tampak dipasang di beberapa sudut.

Toyota Crown terbaru

Dapur pacu sedan mewah ini tersedia dalam dua pilihan, yakni 2.000cc standar dan 2.500cc Hybrid. Mesin yang pertama bertenaga 241 daya kuda, sedangkan yang kedua hanya 223 daya kuda. Namun, torsi yang dihasilkan mesin 2.500cc jauh lebih besar.

Soal harga, Crown edisi Hybrid ditawarkan dengan banderol 5,2 juta Yen, atau setara Rp696 juta. Sedangkan, varian mesin 2.000cc lebih murah Rp30 juta. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya