Sah, Menteri Jokowi Akan Pakai Mobil Harga Setengah Miliar

Toyota Crown terbaru
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Kementerian Sekretariat Negara diketahui menggelar proyek pengadaan kendaraan dinas untuk menteri, yang akan menjabat di kabinet baru periode 2019-2024. Sistem lelang tersebut sudah selesai dilakukan, dengan nilai proyek Rp147 miliar.

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

PT Asta International Toyota Sales Operation ditunjuk sebagai pemenang, setelah melalui serangkaian proses. Bedasarkan rilis dari Kementerian Sekretariat Negara, dilansir Jumat 23 Agustus 2019, mobil yang dipilih adalah Toyota Crown Hybrid.

“Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon,” tulis rilis tersebut.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Menurut Asisten Deputi Humas, Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto, kebutuhan mobil baru menteri sangat mendesak. Sebab, yang digunakan saat ini kondisinya tidak lagi layak pakai.

Baca Juga: Parah! Selama Ini Jokowi Dinas Pakai Mobil Rusak

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

"Membutuhkan biaya perawatan yang tinggi, sehingga perlu diremajakan. Dengan pertimbangan teknis, seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian," tuturnya.

Menurut Eddy, usia kendaraan dinas menteri saat ini telah lebih dari 10 tahun. Sementara, pengadaan mobil dinas baru terakhir dilakukan pada 2005 dan 2009.

“Pengadaan kendaraan tersebut dilaksanakan melalui mekanisme tender umum, dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online," jelasnya.

Soal harga, Crown edisi Hybrid ditawarkan dengan banderol 5,2 juta Yen, atau setara Rp696 juta di Jepang. Sedangkan, varian mesin 2.000cc lebih murah Rp30 juta. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya