Orang Jakarta 'Berburu' Suzuki Jimny Baru Sampai ke Papua

Suzuki Jimny generasi 4
Sumber :
  • Suzuki

VIVA – Jajaran produk kendaraan roda empat merek Suzuki yang dijual saat ini, ada yang bestatus impor atau completely built up. Salah satunya, mobil off-road All New Jimny. 

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Mobil berbodi mungil tersebut, didatangkan langsung secara utuh dari negara asalnya, Jepang. Untuk memilikinya, konsumen harus rela menunggu. Sebab, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales sedang kewalahan memenuhi permintaan produk legendaris tersebut.

Direktur Pemasaran Kendaraan Roda Empat SIS, Donny Saputra mengatakan, saat ini Jimny hanya diproduksi 5.000 unit per bulannya di Jepang. Jumlah itu akan disebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

"Indonesia hanya dapat jatah 50 unit setiap bulan. Main dealer Suzuki ada 53 seluruh Indonesia, setiap bulan pasti ada tiga diler yang enggak kebagian jatah. Maka, waktu tunggunya semakin panjang," ujarnya di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Baca juga: Mobil listrik Tesla bukan barang mewah, tapi pajaknya ampun

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Dengan angka pemesanan tersebut, kata Donny, antrean untuk mendapat Jimny akan semakin panjang. Bahkan, kata dia, di beberapa tempat, konsumen harus menunggu hingga kurun waktu dua tahun sejak awal pemesanan, sampai mobilnya tiba.

Donny mengatakan, pemesanan Suzuki Jimny terbanyak saat ini masih ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Meski demikian, diler-diler resmi berlogo 'S' di luar pulau Jawa pun tak kalah banyak jumlah pemesanannya.

"Indennya kan lama kalau di Jakarta. Jadi, ada konsumen yang sampai nekat ke Papua untuk pesan Jimny. Akhirnya, diler di wilayah timur Indonesia pun banyak angkanya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya