Mobil Jatah Menteri Bukan Versi Termahal

Toyota Crown terbaru
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Para menteri yang akan menemani Presiden Jokowi selama lima tahun ke depan, mendapat jatah mobil dinas baru. Totalnya ada 101 unit, dengan nilai keseluruhan Rp152 miliar.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Model yang dipilih adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, yang dibekali  dengan mesin Hybrid. Mobil ini didatangkan, untuk menggantikan Toyota Crown Royal Saloon, yang diklaim sudah tidak lagi layak untuk dipakai sehari-hari.

“Kendaraan dinas Kepresidanan dan para menteri, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” ujar Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy, mobil jatah menteri tersebut bukan yang paling mewah dari seluruh lini Toyota.

Baca juga: Curhat Marcus Gideon, Kalah dari Kaesang

Mobil Menteri Pelat Nomor RI 41 Ini Berani Tampil Beda

“Kalau Toyota, paling mahal Century. Jadi, bukan Crown paling mahal. Di grup kami, ada Lexus juga,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Saat ditanya, mengapa pemerintah tidak memilih tipe yang paling mewah dan eksklusif, yakni Century, Jimmy mengaku tidak punya jawabannya.

“Itu yang bisa jawab dari pemerintah. Kami hanya menginformasikan, Toyota ada apa saja produknya, spesifikasinya, mesinnya. Pemerintah memilih tipe apa yang cocok, yang sesuai dengan kriteria instansi,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya