Meski Mungil, All New Yaris Bisa Melindungi dengan Sempurna

Toyota Yaris 2018
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Jika bicara soal kekuatan dari sebuah mobil, ada beberapa orang yang memandang pesimistis terhadap kendaraan berdimensi mungil. Menurut mereka, ukuran besar menjadi jaminan penumpang tidak mengalami cedera serius saat terjadi kecelakaan.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Namun, fakta berbicara sebaliknya. Saat diuji tabrak, mobil yang masuk dalam segmen hatchback terbukti ampuh menjadikan rangkanya sebagai kotak pengaman bagi penumpang. Seperti yang terjadi pada All New Toyota Yaris.

Berdasarkan hasil uji tabrak Asean New Car Assesstment Program atau NCAP, dilansir Sabtu 7 September 2019, mobil mungil itu mendapat skor tertinggi, yakni bintang lima untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa maupun anak-anak.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Tak hanya itu, All New Yaris juga dibekali dengan berbagai perangkat keselamatan, sehingga mendapat nilai tambahan saat ditabrak dalam kecepatan sedang dari berbagai arah.

Baca juga: Beli Motor Yamaha, Kini Bisa Custom Tampilannya

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Senjata utama mobil ini untuk melindungi penumpangnya, yakni tujuh kantung udara di sekliling kabin. Yaris juga dibekali dengan sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS, yang dikombinasikan dengan electronic brakforce distribution atau EBD.

Saat melaju di jalanan licin, ABS akan mencegah ban terkunci ketika pengemudi menginjak pedal rem. Hasilnya, traksi ke jalan tetap terjaga. Sementara, EBD berfungsi mendistribusikan tekanan minyak rem, sesuai dengan kebutuhan masing-masing roda.

PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek, menawarkan All New Yaris mulai dari Rp238,35 juta untuk varian paling bawah, sampai dengan Rp278,85 juta untuk tipe TRD Sportivo dengan transmisi otomatis CVT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya