#ChanganJiplakEsemka Jadi Trending Twitter

Presiden Jokowi menjajal mobil Esemka Bima
Sumber :
  • Setpres Agus Suprapto

VIVA – Usai Presiden Jokowi meresmikan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat 6 September 2019, muncul tagar #ChanganJiplakEsemka di Twitter. Tagar tersebut sempat merajai lini Twitter di Tanah Air pada Sabtu, 7 September.

Mobil Listrik Termurah di Dunia Diskon, Harga di Bawah Rp100 Juta

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id, tagar tersebut berisi sindiran akan kehadiran Esemka Bima, mobil perdana PT Solo Manufaktur Kreasi yang dibuka selubungnya kemarin.

Bima disebut-sebut mirip dengan salah satu mobil pikap, yang ditawarkan oleh perusahaan China, Changan. Dari wujudnya, memang terlihat ada kemiripan, mulai dari bagian kaca hingga pintu.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Raih Peringkat Tertinggi, Merek Vespa Bernilai Rp18 Triliun

Oleh warganet, merek Changan diubah artinya menjadi kata ‘jangan’, lalu digunakan untuk melengkapi kalimat-kalimat bernada candaan. Hingga saat ini, kata dan tagar itu sudah dipakai lebih dari 21 ribu kali.

Baca juga: Meski Mungil, All New Yaris Bisa Melindungi dengan Sempurna

Eksistensi Pabrikan Mobil China Semakin Terlihat, Ini Buktinya

Uniknya, kata Changan juga dipakai oleh salah satu akademisi yang kerap muncul di acara Indonesia Lawyers Club di tvOne, Rocky Gerung. Ia mengunggahnya di akun Twitter.

“Mbah kolam ngamuknya ke Mbah gugel dong. Changan ke gue,” tulisnya.

Sebagian dari warganet, memakai tagar #ChanganJiplakEsemka sebagai sindiran. Uniknya, mereka justru menulis Changan yang menjiplak desain Esemka, tentunya dengan gaya satire.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya