Kendaraan Pak Tani Ikut Kontes Modifikasi

AMMDes yang kini dibuat menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

VIVA – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan, Kementerian Perindustrian bersama PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia merancang Alat Mekanis Multiguna Pedesaan, atau disingkat AMMDes. Nantinya, alat ini akan difungsikan sebagai pengganti gerandong.

Kendaraan Penanganan Bencana Buatan RI Bakal Mendunia

Sesuai namanya, fungsi AMMDes tidak hanya sebagai alat angkut, namun juga bisa dimodifikasi dengan mudah untuk keperluan lain. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Direktur KMWI, Reiza Tristanto.

“Saat ini, ada 10 macam aplikasi. Mulai dari penjernih air, ambulance feeder, hingga pengolahan hasil pertanian,” ujarnya belum lama ini.

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Soal harga, Reiza mengungkapkan bahwa versi standar dari AMMDes dibanderol Rp70 juta. Namun, harga tersebut berstatus belum termasuk pajak, atau biasa dikenal dengan istilah off the road.

Baca juga: Ternyata Mobil Esemka Tidak Spesial

'Kendaraan Pak Tani' Buatan Indonesia Dikirim ke Afrika

Menariknya lagi, ternyata AMMDes akan hadir di ajang Indonesia Modification Expo 2019, yang akan digelar akhir pada 28-29 September di Balai Kartini, Jakarta.

Tujuannya, adalah untuk mengenalkan produk AMMDes serta mengembangkan alat tersebut, agar fungsinya semakin bertambah banyak. Kerja sama dilakukan dalam bentuk kegiatan kontes modifikasi, dan diberi nama Kemenperin AMMDes Digimodz.

 Indonesia Modification Expo (IMX) 2018

“Dari lima AMMDes versi modifikasi, nanti akan dipilih satu yang terbaik. Pemenang akan mendapat hadiah dan Piala Menteri Perindustrian,” ujar Project Director IMX 2019, Andre Mulyadi di Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Selain AMMDes, IMX 2019 juga akan dimeriahkan dengan 50 mobil modifikasi yang sudah dikurasi, garage sale dan berbagai promo dari para anggota National Modificator and Aftermarket Association atau NMAA. Tiket masuknya dibanderol Rp75 ribu untuk satu hari acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya