Kalau Memang Esemka Produk China, Harusnya Lebih Fair

Presiden Jokowi dan Menperin Airlangga, menjajal mobil Esemka Bima
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Meski sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi, namun hingga kini masih banyak pihak yang meragukan status dari mobil Esemka. Sebab, wujudnya disebut-sebut mirip dengan salah satu produk mobil asal China, Changan.

Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

Menurut pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri, kolaborasi antar produsen kendaraan itu hal yang biasa terjadi. Bahkan, hal itu dilakukan juga di negara lain.

“Di dunia, itu sudah biasa. Proton yang merupakan mobil nasional Malaysia, dulu menggandeng Mitsubishi. Lalu, kemudian mereka kerja sama dengan pabrikan asal Inggris, Lotus,” ujarnya di acara Indonesia Business Forum di tvOne, dikutip Rabu 18 September 2019.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Raih Peringkat Tertinggi, Merek Vespa Bernilai Rp18 Triliun

Tri menjelaskan, membangun sebuah merek otomotif membutuhkan waktu sangat lama. Bahkan, zaman dulu produsen Jepang memerlukan waktu hingga 40 tahun, sebelum merek mereka bisa dikenal di Indonesia seperti saat ini.

Baca juga: Pengemudi Mobil Tewas Usai Diintimidasi Polisi

Eksistensi Pabrikan Mobil China Semakin Terlihat, Ini Buktinya

“Zaman dulu, saat merek Jepang masuk, belum ada apa-apa. Sekarang, pabrik ban banyak, pelek banyak, karoseri bus juga banyak,” tuturnya.

Menurut Tri, berbisnis otomotif tidak ada bedanya dengan membuat baju. Produsen tidak perlu menyediakan bahan baku sendiri.

“Ibarat bikin baju, enggak mungkin awalnya bikin kancing sendiri, bikin kain sendiri. Yang penting, hasil jahitannya bagus,” ungkapnya.

Itu sebabnya, ia meminta PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen dari Esemka, untuk terbuka dalam hal status dari produk mereka.

“Harusnya, Esemka lebih fair, kalau memang produknya dari China. Yang penting, pelan-pelan ditingkatkan kandungan lokalnya,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya